Saturday, October 1, 2022
WING LOK

Pengacara Senior Otto Hasibuan Dan Tokoh Publik Berikan Materi Pada Para Calon Advokat

ACTUALNEWS.ID, Serang – Dalam mewujudkan para advokat ýang profesional dan menjadi profesi yang muliya (officium nobile) maka pengacara senior dan tokoh publik memberikan materi dan pembekalan pada para calon advokat, hal tersebut di wujudkan dalam pelatihan dan pendidikan sebelum menjadi advokat oleh karenanya PKPA (Pendidikan Kursus Profesi Advokat) yang di dilaksanakan di Kampus STIH Painan Banten yang di gelar dari tanggal 10-17 Maret 2021 berakhir diberikan pembekalan oleh Ketua Umum DPN Peradi Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH, MM, sosok advokat senior dan mumpuni baik dibidang keilmuan hukumnya dan pengalamannya sebagai advokat bukan hanya dikenal di Indonesia tetapi juga dalam organisasi advokat dunia.

PKPA yang ke -IV ini dilaksanakan STIH Painan Banten bekerjasama DPC IKADIN Serang dan DPN Peradi Serang Banten. Menurut Mohd MM Herman Sitompul,SH,MH selaku Ketua DPC Ikadin Serang, Banten yang juga wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpjan Nasional Peradi kepada media, Kamis (18/03/21) usai acara pẹnutupan menerangkan”

Bahwa materi ýang disampaikan oleh Prof. Otto Hasibuan adalah berkaitan dengan Peran dan Fungsi Perkembangan Organisasi Advokat, dalam kesempatan tersebut Otto Hasibuan yang merupakan Dosen Terbang PKPA DPN Peradi banyak memberikan pembekalan buat calon Advokat kelak menuju Advokat profesional dimana Advokat itu adalah Profesi Mulia (officium nobile), harus berbudi pekerti luhur dan beretika serta bermoral tidak hanya tugasnya menangani perkara, lebih dari itu sebagai penegak hukum.

Banyaknya Organisasi Advokat dewasa ini semua dapat dilantik dan diambil Sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Tinggi setempat berdasarkan Surat 073 Ketua MA RI padahal berdasarkan UU Advokat No.18.th 2003 , Tentang Advokat, Organisasi advokat hanya satu wadah sedangkan PERADI adalah organisasi advokat yang sah dan satu-satunya Organisasi Advokat yang di akui Negara sebagai Organ Negara, papar Prof.Otto sebagai Bapak Advokat Indonesia itu menegaskan”

Dalam kesempatan ini juga Prof.Dr.Sudadio,S.Pd, M.Pd. sebagai Ketua STIH PAINAN BANTEN dalam sambutannya berharap para peserta PKPA nantinya dapat mengamalkan ilmu yang didapat dan dipraktikan kelak setelah menjadi Advokat.

Menurut Ketua Panitia Fitriyanti,S.H.,M.H.yang juga Korwil PERADI BANTEN, mênjelaskan bahwa PKPA kerjasama DPC IKADIN Serang-Banten DPN PERADI dengan STIH PAINAN Banten sudah 4 kali, Angkatan pertama pada awalnya PKPA pendidikan secara tatap muka namun karena kondisi Pandemi covid 19 selanjutnya dilaksanakan dengan sistem online via virtual namun hal itu tidak mengurangi semangat belajar dan ilmu yang didapat tetap berkualitas dengan tatap muka, adapun peserta Angkatan IV sebanyak 23 orang dari berbagai daerah se- Indonedia terdiri dari unsur mantan hakim, mantan notaris, polisi swasra dan umum

Di tambahkan Mochd MM. Herman Sitompul, SH,. MH, bahwa untuk tetap menjaga pendidikan yang berkualitas PKPA saat ini dihadirkan tenaga-tenaga pengajar dari kalangan akademisi dan profesional bahkan tokoh publik yang mumpuni keilmuan maupun pengalamannya, dibidabg hukum, seperti Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH,. MM, Hermansyah Dulaimi, SH,. MH., Prof. Dr. H. Fauzi Yusuf Hasibuan, SH,. M.hum, Prof. Dr. T. Gayus Lumbun, SH,. MH., MBA., Dr. Haris Arthur Haedar, SH,. MH., H. Salih Manggara Sitompul, SH, MH, H. Sutrisno, SH, M.hum, Dr. Adardam Achyar,.SH, MH,. Komjend Purn. Pol.Dr. Saud Usman Nasution, SE,, SH,.MM, MH. Dr. Fahmi Bahmid, SH,. MH, Mohd. M.M. Herman Sitompul, SH,. MH, dan Kaspudin Nor, SH, M.Si dan banyak lagi pemateri lainnya dari kalangan akademisi, profesioal dan tokoh publik ada juga mantan hakim agung pada Mahkamah Agung RI dan juga mantan anggota DPR RI yang dimulai kariernya sebagai advokat, yaitu Prof. Dr. T Gayus Lumbun dan juga mantan Komisioner Komisi Kejaksaan RI, Kaspudin Nor akademisi yang juga kariernya dimulai sebagai advokat senior yang berintegritas saat ini di percaya dua priode sebagai anggota Komisi Pengawas Advokat Peradi, dan HAM, Kaspudin Nor juga aktif sebagai pemerhati hukum, sosial dan pemerintahan pada isyu- Isyu Actual tentu tidak diragurakan pengalaman dan keilmuannya dan dalam acara PKPA sebagai pemateri Peradilan HAM (Hak Azasi Manusia) demikian papar MM. Mochd Herman Sitompul, SH, MH selaku Wakil Sekretaris Jenderal DPN Peradi saat di wawancarai media setelah yang bersangkutan selesai melaksanakan acara penutupan PKPA Angkatan ke IV Kamis 18 Maret 2021.

Menurut Fitriyanti, SH,. MH, “bahwa peserta PKPA angkatan IV 23 orang ini secara online/virtual pesertanya dari berbagai daerah Insyallah bisa mengikuti ujian tanggal 10 April 2021 mendatang di berbagai kota se-Indonesia dan berharap dapat dibuka kembali Angkatan ke-V.” terangnya”

ACN/Red.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles