Thursday, April 25, 2024

Kondisi Cuaca Tak Menentu, Waspadai DBD

ACTUALNEWS.ID, Sragen,- Untuk mengantisipasi terjangkitnya penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang rentan terjadi memasuki musim penghujan, Babinsa DS Jurangjero Koramil 02/Karangmalang Kodim 0725/Sragen Serka Supriyanto melaksanakan komsos dengan Bp. Gimo salah satu warga binaan Dk.Purworejo RT. 13 Ds Jurangjero, 28/03/2023

Dalam kesempatan tsb Babinsa menyampaikan bahwa cuaca yang tidak menentu, hujan panas, yang menyebabkan timbulnya penampungan air. Di situ banyak jentik nyamuk di tandon air, sampah bekas botol plastik/ kaca, daun yang lebar dan menjadi tempat perindukan nyamuk, sehingga masyarakat mungkin merasakan nyamuk di sekitar tempat tinggal itu menjadi banyak,” terang Supri, sapaan akrabnya.

Ditambahkan, warga mesti mengenali gejala DBD. Antara lain, demam tinggi, kaki dingin, kadar trombosit di bawah 100 ribu, terdapat peningkatan hematokrit dan DSS yang berarti penderita mengalami kebocoran plasma, serta penderita dinyatakan positif demam berdarah (DB) berdasarkan tes laboratorium.

Lebih lanjut, Babinsa menerangkan virus dengue akan berbahaya pada hari keempat hingga keenam. Ia menganjurkan apabila ada anggota keluarga mengalami demam, segera diberi obat penurun panas. Jika dalam kurun waktu satu sampai dua hari demam tidak kunjung turun, ia menyarankan untuk segera membawa penderita ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.
Dengan kondisi cuaca yang sering berubah-ubah, Babinsa mengajak masyarakat, untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

“Untuk masyarakat terus jaga kondisi badannya, istirahat yang cukup, makan sesuai kemampuan, tidak stres, jaga kebersihan lingkungan dan kebersihan rumah. Insyaallah semua aman,” pungkasnya.

(Agus Kemplu)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles