Saturday, May 4, 2024

Dukung Ketahanan Pangan, TNI AL Lanal Lhokseumawe Sukseskan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum

ACTUALNEWS.ID, Lhokseumawe,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah ikut langsung Gerakan Nasional Penanaman Sorgum dan Jagung di Pos Binpotmar Rancung, Desa Rancung, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, yang disaksikan secara virtual oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang diwakili oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Jumat (09/09/2022).

Penanaman bibit sorgum dan jagung yang dilakukan oleh TNI Angkatan Laut secara nasional di 77 titik di seluruh Indonesia dilakukan sebagai bentuk kampanye bahan makanan alternatif selain padi. Penanaman sorgum dan jagung Lanal Lhokseumawe melibatkan Muspika Muara Satu, Staf Perwira Lanal, dan Prajurit Lanal Lhokseumawe serta masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah mengatakan, sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh Pangkalan TNI Angkatan Laut yang ada didaerah mendukung program prioritas pemerintah melalui ketahanan pangan. Juga menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut (AL) ke-77 yang jatuh pada 10 September 2022.

Penanaman bibit Sorgum dan jagung ini merupakan makanan alternatif pengganti beras, serta pengolahan dan penanamannya juga lebih mudah. Ini merupakan upaya TNI Angkatan Laut mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan.

“Kita berharap dengan keikutsertaan dalam penanaman sorgum dan jagung secara serentak ini, maka akan berdampak positif kepada masyarakat, khususnya masyarakat pesisir untuk memulai usaha baru yang dapat membantu perekonomian.

TNI Angkatan Laut harus menjadi contoh kepada masyarakat dalam upaya menjaga ketahanan pangan. Budidaya sorgum bisa menjadi pendapatan baru bagi warga pesisir jika terjadi kendala saat melaut. Sehingga kegiatan ini bisa menjadi sarana edukasi bagaimana cara menanam sorgum. Jika berhasil, maka akan menjadi bekal atau ilmu yang akan diberikan kepada masyarakat pesisir dengan harapan ke depannya dapat melaksanakan budidaya sorgum secara mandiri tanpa harus khawatir mengalami gagal panen.

Hari ini, kita coba tanam bibit sorgum dan jagung seluas 3.388 M² untuk percobaan dulu. Kedepan jika berhasil kita akan coba dikembangkan lagi, untuk perawatan tanaman sorgum dan jagung, karena disini juga pusat latihan seleksi masuk TNI AL bagi Putra-Putri Aceh, maka perawatan tentunya dari prajurit TNI AL sendiri yang akan merawat langsung pembibitan serta mejadi sarana edukasi bagi pemuda yang sedang kita bina untuk pelatihan seleksi masuk menjadi calon TNI AL serta masyarakat yang ada di sekitar Pos Binpotmar TNI AL Rancung, dan pwngawasan dari staf potensi maritim Lanal Lhokseumawe” ujar Danlanal Kolonel Dian.

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu wujud implementasi dari Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Penanaman bibit sorgum dan jagung dihadiri dan diikuti Palaksa Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan, Paspotmar Mayor Laut (KH) Farizal, Perwira Staf, Danramil 01/Muara Satu Kapten BL Purba, Kapolsek Bathupat Iptu Syahrizal, Sekcam Muara Satu Ibu Elfina Zulraini, Bintara, Tamtama, PNS Lanal Lhokseumawe serta Pengurus dan anggota Jalasenastri Cabang 6 Korcab I DJA I.

(Pen Lanal Lhokseumawe)

ACN/INDAH/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles