Saturday, May 18, 2024

Masyarakat Kampung Tembesi Apreasi Lanal Batam Tanam Sorgum Sebagai Sumber Pangan

ACTUALNEWS.ID, Batam,- Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., bersama masyarakat Kampung Tembesi Buton, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, laksanakan penanaman benih sorgum pada kegiatan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022 TNI Angkatan Laut dengan mengusung tema “Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum, TNI AL Bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan amaritim Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, Jumat (09/09/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di 77 lokasi jajaran TNI AL seluruh Indonesia dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono berpusat di Kampung Neglasari Desa Mekarwangi Kecamatan Cariu Kota Bogor Jawa Barat melalui Video Conference dalam rangka memperingati HUT ke-77 Angkatan Laut sekaligus peringatan Hari Pangan Dunia dan forum G20 di Bali.

Perlu kita ketahui Sorghum spp yang sering kita sebut Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Sorgum juga mengandung serat tidak larut air atau serat kasar dan serat pangan, masing-masing sebesar 6,5% – 7,9% dan 1,1% – 1,23%. Kandungan protein pun seimbang dengan jagung sebesar 10,11% sedangkan jagung 11,02%. Ujar Ibu Arnen Sri Gemala Ditjen Tanaman Pangan.

Pada Amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan oleh Wakasal bahwa situasi dunia kali ini berpotensi kelangkaan pangan termasuk gandum oleh karena itu pemerintah telah menetapkan mengurangi gandum dengan tetap menjaga stabilitas pengaruhnya.

Lanjut pada momentum peringatan HUT ke 77 TNI AL dengan penanaman Sorgum secara serentak di 77 lokasi diseluruh Indonesia dengan tujuan menginspiratif kita bersama untuk menggalakkan diseluruh wilayah di Indonesia yang sebagian dari program pemerintah dalam membangun ketahanan pangan.

Gerakan Nasional Penanaman Sorgum tahun 2022 TNI Angkatan Laut dengan mengusung tema “melalui gerakan Nasional Penanaman Sorgum, TNI AL bersama rakyat siap membangun kejayaan maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat bangkit lebih kuat” melalui tema tersebut kami berharap dilaksanakan secara berkelanjutan bekerja sama dengan elemen masyarakat Indonesia.

Terima kasih kepada Wamentan beserta pemerintah daerah dan FKPD dan semua pihak yang terlibat atas dukungan dan partisipasinya program yang kita laksanakan ini sehingga program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia secara luas. Sebagai penutup amanat tersebut.

Kegiatan ditutup dengan pencapaian kerjasama TNI AL dengan Kementrian Pertanian berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam kegiatan ‘Gerakan Nasional Penanaman Sorgum yang dilakukan di 77 lokasi jajaran TNI AL seluruh Indonesia dengan luas lahan yang ditanam 797.342 m².

Disela-sela kegiatan, Danlanal Batam menyampaikan kegiatan penanaman sorgum merupakan program TNI AL dalam Ketahana Pangan tanpa peran serta masyarkat program ini tidak akan berjalan lancar, kami selaku Danlanal Batam terimakasih banyak atas apresiasi dan antusias masyarakat mendukung program-program TNI AL khususnya Lanal Batam, semoga kedepan kerjasama ini tetap terjalin dengan baik.

Hadir dalam kegiatan melalui vicon, Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., Kepala KPHL Unit II Batam Lamhot M. Sinaga, S.Hut., M.Si., Palaksa Lanal Batam Letkol Laut (P) Fery Anton S., M.Tr Opsla., Pasops Lanal Batam Mayor Laut (P) Ahmad Sofyan, Paspotmar Lanal Batam Mayor Mar Cisworo, Pgs. Kepala Balai Pengobatan Lanal Batam Letda Laut (K) drg. Esra Prasetyo, Pgs. Danposal Nipa Letda Laut (K) Ringga Aldafio, Kasatbek Lanal Batam Letda Laut (S) Toto, seluruh personel Lanal Batam serta Ketua RW/RT dan masyarakat sekitar.

(Pen Lanal Batam).

ACN/INDAH/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles