Saturday, April 20, 2024

Kodam III/Siliwangi Peduli Pembentukan Karakter Bangsa dan Ketahanan Pangan

ACTUALNEWS.ID Garut, – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Siliwangi Ny. Mia Kunto Arief Wibowo melakukan safari ke beberapa tempat yang ada di wilayah Kodam III/Siliwangi diantaranya wilayah Kodim 0611/Garut, Rabu (01/02/2023).

Sekolah yang didatangi Pangdam bersama rombongan, yaitu SDN 1 Purbayani, SMP PGRI Purbayani serta SMAN 8 Jl. S Parman Rancabuaya Purbayani Kec. Caringin Kab. Garut.
dimana salah satu kegiatan yang dilakukannya adalah pemberian bantuan sarana olahraga.

Pada kegiatan tersebut Pangdam didampingi Kapoksahli Pangdam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw serta para Dan/Kabalakdam III/Slw beserta istri. Kedatangan Pangdam dan rombongan di SDN 1 Purbayani disambut oleh Dandim 0611/Garut beserta Ibu, Kasdim 0611/Garut, Kapolsek Caringin, Kepala Sekolah dan para guru.

Kehadiran Pangdam ke sekolah – sekolah saat ini dalam rangka turut serta mendorong pembentukan karakter terhadap anak sejak dini sebagai calon generasi penerus bangsa. Anak-anak bisa bermain sambil belajar sehingga tiap pelajaran dan pembelajaran penting dapat dipahami dengan benar, dan ilmu yang mereka terima di bangku sekolah akan sangat bermanfaat nantinya.

“Tentunya pelajaran yang telah diberikan kepada para siswa serta berbagai hal positif yang telah di raih anak-anak saat ini merupakan perjuangan, do’a dan upaya dari bapak dan ibu guru semuanya. Diharapkan pada masa yang akan datang, mereka siap menghadapi dunia dan mengatasi berbagai permasalahan di masyarakat dengan baik,” jelas Pangdam.

Semua pihak diharapkan dapat bersama-sama memperkokoh kebersamaan dalam membangun Bangsa dan Negara. Sehingga instrumen pendidikan selalu bergerak dinamis sesuai lingkup perkembangannya. Para pelajar harus dapat memanfaatkan waktu dengan lebih produktif, sedangkan para guru memiliki keyakinan terhadap kepercayaan diri anak-anak didiknya.

Untuk membangkitkan semangat dalam membentuk karakter di sekolah melalui olahraga, pada tiap sekolah yang disambangi diberikan bantuan sarana olahraga Futsal, voli dan bulutangkis.

Pangdam berharap peralatan olah raga tersebut dapat menjadi stimulus dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan dinamisasi serta prestasi olahraga di masing-masing Sekolah.

” Selain itu juga Pangdam dan rombongan menyambangi anak yatim yang berasal dari Ponpes Peradaban Al Amin Pameungpeuk, Anak Yatim dari SDN Purbayani 1 & 2, Nelayan serta Petani Padi Gogo, bertempat di Hotel Vila Jaya Sakti 1 untuk memberikan Bansos.
Mereka sangat senang dan sumringah bisa bertemu langsung dengan Pangdam dan rombongan serta mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yg diberikannya, dimana bantuan tsb sangat bermanfaat sekali ucap mereka.

” Sesuai dengan Program pemerintah mengenai ketahanan pangan yg telah dicanangkan oleh Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, selepas dari Jaya Sakti Pangdam dan rombongan menuju ke lokasi lahan milik aset TNI AD yg ada di Desa Samudra Jaya Kec Caringin Kab Garut seluas 60 Ha, secara bertahap mulai diolah dan ditanami padi Gogo yang dapat tumbuh di lahan kering karena tidak memerlukan irigasi khusus.
Selain Pangdam dan rombongan turut serta juga anak-anak SMA untuk ikut turun menanam padi Gogo sebagai pembelajaran tentang pentingnya ketahanan pangan yang harus selaras dengan alam dan lingkungan sekitar.
Penanaman padi Gogo merupakan salah satu strategi dalam membantu pemerintah daerah untuk mengantisipasi dampak inflasi, serta melalui ketahanan pangan diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian di Jawa Barat khususnya Kab Garut.

ACN/Red

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles