Sunday, May 26, 2024

Tanam Padi Gogo, Strategi Berdayakan Lahan Kering Guna Wujudkan Ketahanan Pangan

ACTUALNEWS.ID Garut, – Program pemerintah untuk ketahanan pangan telah dicanangkan oleh Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman. Kodam III/Siliwangi hingga saat ini terus melakukan terobosan di wilayah untuk mendukung program tersebut. Salah satunya dilakukan dengan memanfaatkan lahan kering untuk dijadikan lahan produktif komoditi pertanian.

Demikian disampaikan Kapendam III/Siliwangi Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media di Media Center Kodam III/Siliwangi Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Kamis (02/02/2023).

Lanjut dikatakannya, banyak lahan kurang produktif berupa lahan kering yang terbengkalai dan tidak dikelola. Kodam III/Slw terus berupaya mendorong pemanfaatan dan pengolahannya agar produktif. Lahan tersebut ditanami padi Gogo, yang dapat tumbuh di lahan kering karena tidak memerlukan irigasi khusus.

Terobosan yang diambil oleh Kodam III/Slw adalah dengan memanfaatkan seluruh tanah aset TNI AD yang belum tergarap. Salah satunya tanah seluas 60 Ha di Desa Samudra Jaya Kec. Caringin Kab. Garut yang secara bertahap diolah dan mulai ditanami padi Gogo.

Pada hari Rabu (01/02/2023) kemarin Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Siliwangi Ny. Mia Kunto Arief Wibowo, Kapoksahli Pangdam III/Slw, para Asisten, dan para Dan/Kabalakdam III/Siliwangi masing-masing beserta istri, turun langsung melakukan penanaman perdana padi Gogo.

Pada kesempatan itu, anak-anak SMA diajak untuk ikut turun menanam padi Gogo sebagai pembelajaran untuk mengenalkan tentang pentingnya ketahanan pangan yang harus selaras dengan alam dan lingkungan sekitar.

Penanaman padi gogo salah satu strategi Kodam III/Siliwangi dalam membantu pemerintah daerah untuk mengantisipasi dampak inflasi. Melalui program ketahanan pangan diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian di Jawa Barat. (Pendam III/Siliwangi).

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles