Monday, September 26, 2022
WING LOK

Kilas Balik Dinamika 1 Tahun GA Covid 19, Begini Kata Warga

ACTUALNEWS.ID, Jakarta – Memang tidak muda membuat perkumpulan kebaikan tanpa adanya dukungan finansial, namun dengan tekad yang kuat serta dorongan nurani tanpa pamrih, tidak pandang bulu, ternyata masih ada sebagian warga jakarta yang mau peduli terhadap kebaikan.

Berawal terdengar kabar datangnya virus corona ke Indonesia. maka, kami sebagian kelompok warga Jakarta berkumpul di salah satu posko di jalan penataran 5, Menteng, Jakarta Pusat.

Dari segelintir orang yang di komandoi Jonky Jonacta akhirnya mempunyai 788 lebih anggota GA Covid 19 DKI Jakarta, dengan rincian 155 Poslink tingkat RW, 5 DPC, 44 Korwik Kecamatan.

Selain itu, Gerakan Kebaikan GA Covid 19 sudah merambah ke 8 Provinsi seperti, DKI Jakarta,Jawa Barat,Jawa Tengah,Jawa Timur, Bali, Sumatra Selatan, Pupua, Sulawasi.

” awal segelintir, setelah menyatukan persepsi kebersamaan maka terciptakan garakan kemanusiaan pasca penyakit corona, dan tanpa disadari akhirnya banyak yang ingin menjadi relawan GA Covid 19, ” kata Jongky jonacta, Ketua Nasional Relawan GA ( Gerakan Anti ) Covid 19, Sabtu,20/3/2021 di Kantornya, jalan Penataran no 5, Menteng, Jakarta Pusat.

Menyikapi Setahun Gerakan ini, Jongky memaparkan, Singkatnya, Ada 2 Program GA Covid 19, yang pertama Sosialisai, Edukasi, Metigasi dan Duta Perubahan Pri Laku. Yang kedua membantu masyarakat untuk ketahanan ekonomi berbasis RT dan RW.

Sesuai SK yang dikeluarkan Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Bidang Koordinasi Relawan no: 001/ST/RLWN-SATGAS/II/2021 Tentang Melakukan tugas sebagai Relawan Pos Lingkungan Gerakan Anti Covid 19(GAC) untuk melakukan dan melaksanakan Sosialisasi Perubahan Perulaku dan kampanye 5M ( Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas ), maka Tupoksi GA Covid 19 terbuka,terorganisir, terukur.
” Keiklasan dan kerelaan kita lah GA Covid 19 berjalan sampai sekarang,” tandasnya.

Jongky juga menuturkan, Poslink bergerak harus mempuyai warga binaan sebanyak 100 atau 150 KK di lingkupnya, berkat warga binaan itulah Fungsi Poslink bisa membantu warga terhadap Covid 19 dan pemulihan ekonomi bisa membantu warga serta berkaloborasi dengan satgas gugus tugas setingkatnya di pasca pandemik.

” Data binaan sangat penting untuk membantu warga yang belum memahami soal covid dan penanggulangannya, maupun hak warga untuk mendapatkan BPNT, PKH, BST dan program pemerintah lainnya, ” terangnya.

Di akuinya pasang surut sampai rombak pengurus menjadi dinamika tersendiri dalam organisasi/kelompok relawan kebaikan, ” Di GA C 19 harus mempunyai loyalis, Mental yang tinggi. Karena GA C 19 murni relawan untuk membantu pencegahan penyebaran penyakit covid di warga itu sendiri, ” jelasnya.

Kegiatan GA C 19 banyak membuahkan hasil positif di lingkungan, terbukti dalam keiklasan penanggulangnya mendapatkan apresiasi, salah satunya, Dede Kurniasi (42) thn, warga jalan Sungai Landak Rt 11,Rw 08 Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara, yang berterima kasih munculnya Poslink GA Covid di lingkungannya, “Keberadaan Poslink sangat membantu warga, warga jadi tau tentang penyakit covid berikut penanggulangannya, tadinya antipati,” ucapnya.

Dede bercerita, tentang kesan yang di alaminya, saat warga ada yang terpapar, Poslink dengan sigap membantu penyemprotan disinsektan secara gratis dan tanggap sampai bantuan informasi ke dinas terkait cepat tertanggulangi.

” Pernah ponakan butuh Darah sekitar pukul 1:20 wib, karena tidak ada lagi stok darah di Rumah Sakit itu, Kam jadi panik, saya hubungin Poslink GA C 19 langsung di respon, sehingga jam 6:00 mendapatkan golongan darah yang di maksud,” tuturnya.

Begitu juga dengan Feti Rahayu (41) thn, istri Ketua Rw 08, Kelurahan Wijaya Kusuma, Kec Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Feti yang juga anggota Poslink JB mengkronologiskan, pernah ada warga yang terpapar (Isoman) sudah ngap-ngapan, sepengatahuan dia, pihak puskesmas tidak merespon cepat meski sudah dihubungi melalui phone selnya. karena kekawatiran bu feti melapor ke Poskink GA C 19, poslink dengan APD lengkap bertindak membantu kemudian membawa pasien ke puskesmas terdekat,

“Untung ada poslink, kalau tidak berabe, bagai mana bila meninggal di rumah, pasti semua warga terdekat di swab,” paparya.

TIM/Rbt/Red

.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles