Sunday, October 2, 2022
WING LOK

Kanal Jaki dan Qlue Bisa Dimanfaakan Ajang Pemerasan Oknum

ACTUALNEWS.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi Daerah DKI Jakarta dalam meningkatkan pelayanan pada warga membentuk 13 kanal pengaduan resmi masyarakat.
Dari 13 kanal itu, JAKI dan Qlue yang mendapatkan perhatian lebih, sebab pengaduan atau pelaporannya lebih cepat dan diresponya langsung di TL ( Tindak Lanjuti ).

Niat baik Pemda DKI Jakarta ini supaya ada ketransparansian buat warga,bila nantinya ada persoalan di masyarakat terkait kesalahan kebijakan, pelanggaran perda/pergub, sampah, parkir liar, saluran dan lainya yang terjadi di wilayah.

Apliksai yang menjadi handalan Gubernur,Anies Baswadan, JAKI dan Qlue- red, acap kali di manfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mencari keuntungan secara pribadi, untuk itu di perlukan pejabat yang terkait harus profesional dalam melihat laporan/pengaduan masyarakat, aparat harus bisa melihat bahkan menafsirkan apakah laporan/pengaduan warga ujungnya untuk kepentingan umum atau perbadi, ” Keprofesionalan aparat di tuntut, jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” Ungkap,Erwinsyah Lubis, Ketua DPD Gempita (Gerakan Pemuda Peduli Tanah Air) Jakarta Barat, Kamis ( 11/3/2021) di Cengkareng, Jakarta Barat.

Erwin mencontohkan, Ada warga membangun rumahnya di pemukiman tidak ada IMB ( Ijin Mendirikan Bangunan ), langsung aja di laporkan ke aplikasi itu, ditanggapi oleh aparat dengan memberikan penjelasaan sesuai aturan Pergub 129/2012 Tentang Tata Cara Pemberian Perijinan Bangunan. Dalam prosudurnya lokasi itu tidak bisa keluar Ijin kerena Zonasi wilayahnya bukan untuk peruntukan.

“Situasi seperti inilah di gunakan oknum-oknum untuk melakukan aksinya dengan bernaung pelanggaran Perda sehingga menghasilkan atau meraup keuntungan materi,” Jelasnya.

Untuk mencegah atau menghindari terjadi hal semacam itu, di butuhkan aparat/pamong yang cekatan, tanggap dan profesional sehingga warga merasa aman dan merasa terlindungi dengan adanya kanal JAKI dan Qlue, ” Dengan adanya kanal dapat membantu warga,bukan menjadi korban pemerasan dari ketidak tauanya,” tutupnya

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles