Friday, February 3, 2023
ADS

Genta Nusantara II Sukses Digelar di Daerah Istimewa Jogjakarta

ACTUALNEWS.ID, Jogjakarta ,- Genta Nusantara adalah sebuah perhelatan seni budaya yang juga diberi tajuk Gelar Nada Nusantara.

Acara ini sukses digelar dengan menampilkan berbagai jenis cabang kesenian yakni tarian, musik, sastra, seni rupa, seni modern bahkan sampai seni kuliner.

Asal kesenian yang dipentaskan berasal dari beberapa daerah di Indonesia antara lain, Bali, Sabang, Makasar, Toraja, Sunda, Klaten, Sangiran, Gunung Kidul, Jogjakarta dan lain lain tampil di panggung inklusif Royal House Rumah Budaya di daerah Gondang Legi, Sleman Jogjakarta.

Emha Irawan pada pembukaan menjelaskan bahwa bagi Royal House Genta Nusantara adalah ajang perjumpaan bagi para seniman, budayawan, penikmat seni, dan masyarakat umum untuk berinteraksi, bersilahturahmi, bertoleransi melalui kegiatan pementasan seni budaya.

Sedangkan penggagas Genta Nusantara I Nengah Rata Artana, S. Sn., M. Sn yang juga akademisi, seniman Bali dan jurnalis, pada orasinya menjelaskan bahwa visi Genta Nusantara adalah keluhuran nusantara. Sedangkan misinya adalah mewujudkan Indonesia yang toleran, damai dan harmoni melalui kegiatan seni, budaya, termasuk kegiatan wisata.

Di tempat terpisah, bapak Anak Agung Puspayoga mantan Menkop dan UKM juga berpendapat; “sebagai masyarakat, saya sangat setuju, memang seni budaya bisa dipakai sebagai media silaturahmi sesama masyarakat lokal dan bahkan ke tingkat dunia/global” ujarnya.

Akhirnya, tim kerja GENTA NUSANTARA 2022 mengucapkan terima kasih yang tak terhingga.

Selamat menyongsong Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 1 Januari 2023.

Sampai jumpa di GENTA NUSANTARA 2023.

Penulis : BJ/NR.

ACN/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles