Wednesday, April 24, 2024

Sinergitas TNI AL Dengan Kementan Laksanakan Pengawasan dan Perkarantinaan Pertanian di Wilayah Perairan Indonesia

ACTUALNEWS.ID, Batam,- Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf., S.H., M.H., mendukung dan mendorong akan membantu pelaksanaan penegakan hukum pengawasan karantina pertanian khususnya di perairan strategis Batam dan sekitarnya serta perlu inovasi dalam memenuhi SDM dalam kiprahnya nanti serta saling berkolaborasi untuk tujuan bersama, hal tersebut disampaikan kepada Kepala KKIP Ir. Junaidi, M.M., dalam acara Sosialisasi Perjanjian Kerjasama (PKS) dan Standar Operasi (SOP) Pengawasan dan Perkarantinaan Pertanian di wilayah Perairan Indonesia, bertempat di Indigo A Lantai 2 Sahid Batam Centre Hotel, & Convention Batam, Kamis (22/09/2022).

Perjanjian Kerjasama (PKS) Badan Karantina Pertanian dengan TNI Angkatan Laut tersebut adalah Bidang Pengawasan dan Perkarantinaan Pertanian di wilayah Perairan Indonesia, dengan ruang lingkup tukar data dan informasi, melaksanakan patroli bersama, pembinaan ketahanan wilayah maritim, pengguna prasarana dan sarana serta kegiatan sosialisasi.

Adapum latar belakang dilaksanakannya PKS ini adalah untuk membangun kemitraan dan sinergis bersama sesuai dengan prinsip-prinsip kepentingan nasional dan bermanfaat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka pengawasan dan perkarantinaan pertanian di wilayah perairan Indonesia.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat mendukung terciptanya keamanan dan perlindungan terhadap sumber daya alam hayati yang merupakan perwujudan dari tujuan bernegara yaitu untuk dapat dimanfaatkan secara Lestari dan menjadi modal penting bagi pembangunan nasional.

Danlanal Batam usai kegiatan tersebut menjelaskan kepada awak media, bahwa Lanal Batam mendukung penuh kegiatan kerjasama Badan Karantina Pertanian dengn TNI Angkatan Laut tersebut sesuai dengan tupoksi “Kita mempunyai sarana patroli baik KAL dan Patkamla yang secara rutin melaksanakan patroli terbatas di Perairan Batam”, selain itu diharapkan peran serta masyarakat dalam kegiatan ini guna mendukung keberhasilan dan kesuksesan program pemerintah.

Turut Hadir kegiatan tersebut, Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Maruf, S.H., M.H., Dansatrol Lantamal IV Letkol Laut (P) Mandri Kartono, S.T., M.Tr.Hanla., M.M., Sopsal Mabesal Mayor Laut (P) Warjo, Kepala BKP Batam Ir. Iyus Hidayat, Kapus KKIP Ir. Junaidi, M.M., Kepala Balai BKP TPI Raden Nurcahyo N., Kepala BKP Balai Pekanbaru Alman S., BKP Jambi N. Prayatno Ginting, Dankal Nipa Lanal Batam Lettu Laut (P) Widiyanadi, Pauryar Lanal Batam Letda Laut (S) Eling Wiji Prayitno, Kasatang Lanal Batam Letda Laut (S) Toto Yulianto, S.H., Danpos Pulau Nipah Letda Laut (K) Ringga Aldafio, S. Farm., Apt., Subkoor KT/BKP TPI Alnal Ikram, BKP TPI/RTU L. Hardani, SKP TBA Sudiwan, Humas Kota Batam Usap U, BKP Palembang Alamsyah, SKP Karimun Nurainun, Pusat KKIP Barantan Karsad, BKP Kelas 1 Batam Iskandar.

(Pen Lanal Batam)

ACN/INDAH/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles