Sunday, October 2, 2022
WING LOK

Lantamal I Gelar Sosialisasi UNCLOS 1982 Dalam Aspek Operasi

ACTUALNEWS.ID, Belawan,- Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I menggelar Sosialisasi tentang United Nation Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982 dalam aspek operasi kepada seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama yang berdinas di Lantamal I dan jajarannya, bertempat di Gedung Yos Sudarso Markas Komando Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Kamis (22/09/2022).

Kegiatan tersebut juga dilakukan secara Vicon dengan Lanal Jajaran Lantamal I diantaranya Lanal Sabang, Lanal Lhokseumawe, Lanal Simeuleu, Lanal Dumai dan Lanal Tanjung Balai Asahan.

Komandan Lantamal (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo yang diwakili oleh Pjs. Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra, M.Tr., Opsla., CIQnR., pada kegiatan tersebut antara lain mengatakan bahwa Indonesia memiliki peran penting dalam pengelolaan laut sehingga tindakan di laut diatur untuk mengurangi terjadinya konflik pengguna laut. Salah satu tugas Pokok TNI Angkatan Laut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 9 tentang TNI yaitu menjaga dan menjaga keamanan di wilayah laut Yurisdiksi Nasional sesuai ketentuan hukum internasional yang telah di ratifikasi. Untuk itu sangat diperlukan sebagai pemahaman dan pengetahuan tentang UNCLOS 1982 bagi prajurit.

Lebih lanjut Danlantamal I mengatakan “Sosialisasi ini merupakan wahana strategi dalam menyamakan misi, persepsi dan pemahaman tentang konvensi hukum serta diharapkan setiap petugas mendapatkan penjelasan secara utuh dan kegiatan sehingga tercapai kesepahaman dan kesamaan cara bertindak dalam menghadapi masalah di lapangan dan mampu menerapkan hukum internasional di lapangan tempat tugas masing-masing,” pungkas Danlantamal I.

Sosialisasi tentang UNCLOS 1982 dalam aspek operasi tersebut disampaikan narasumber dari Dinas Hukum (Diskumal) Kolonel Laut (H) Fitriyadi, S.H., M.H., yang merupakan Kasubdisbankum Diskumal dan Letkol Laut (H) Hery Supriyatno, S.H., M.H., Kasi Kumla Subdiskumlater Diskumal.

Kegiatan ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono “Bangun Sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Pjs. Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra, M.Tr., Opsla., CIQnR., Para Pejabat Utama Lantamal I, Para Kasatker Lantamal I dan Para Perwira dari Mako Lantamal I, Satrol Lantamal I, Komandan KRI dan Komandan KAL yang sandar di dermaga Lantamal I.

(Dispen Lantamal I)

ACN/INDAH/RED

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles