Friday, March 29, 2024

Polres Kep. Seribu Tingkatkan Kemampuan SAR guna Berikan Pelayanan Prima kepada Masyarakat

ACTUALNEWS.ID, Jakarta – Wilayah hukum Polres Kepulauan Seribu sebagian besar adalah lautan, yang mana cara penanggulangan kecelakaan di lautan merupakan suatu hal yang harus dikuasai oleh jajaran Polres Kepulauan Seribu. Untuk itu, Bag SDM Polres Kepulauan Seribu bekerjasama dengan BASARNAS (Badan SAR Nasional) melaksanakan latihan peningkatan personil Polres Kepulauan Seribu dalam hal kemampuan SAR. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Pulau Untung Jawa, Jumat (30/09/2022).

Kabag SDM Polres Kepulauan Seribu Kompol Ernila Siregar, S.H. mengatakan bahwa latihan peningkatan kemampuan (Latkatpuan) SAR ini diikuti oleh beberapa Satfung yang ada pada jajaran Polres Kepulauan Seribu antara lain Sat polair, Sat Samapta, Sat Reskrim, dan Sidokkes.

“Kegiatan Latkatpuan SAR ini diikuti oleh satuan fungsi yang terbilang sering mengawaki apabila terjadi kejadian laka laut seperti Sat Polair, Sat Samapta, Sat Reskrim, dan Sidokkes Polres Kepulauan Seribu,” ujar Ernila saat ditemui pada tempat terpisah.

Ernila menambahkan, bahwa materi Latkatpuan disampaikan langsung oleh petugas BASARNAS dan materi tersebut antara lain penanggulangan laka laut, kebakaran kapal, pertolongan pada korban yang selamat, serta pertolongan kepada korban yang meninggal dunia.

“Adapun materi yang disampaikan dan dipraktikan adalah penanggulangan laka laut, kebakaran kapal, pertolongan terhadap korban selamat dan pertolongan terhadap korban yang meninggal dunia,” tambahnya.

“Seluruh materi disampaikan dan demonstrasikan langsung oleh petugas BASARNAS. Selanjutnya personil kita (Polres Kepulauan Seribu) turut mempraktikan materi-materi tersebut,” jelas Ernila.

ACN/HUMAS/CAT/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles