Thursday, December 1, 2022
ADS

Perkuat Sinergitas dan Soliditas, Optimalisasi Operasi TNI AL Batam dan KKP Gelar Paptroli Bersama

ACTUALNEWS.ID, Batam,- Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., beserta Perwira Staf Lanal Batam menggelar Patroli Laut bersama dengan KKP dalam hal ini Satuan PSDKP (Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan) Batam di sekitar Perairan Belakang Padang dan Perairan Pulau Nipa, Senin (26/09/2022).

Hal tersebut merupakan realisasi hasil kesepakatan, komitmen ajakan Danlanal Batam kepada Kepala PSDKP untuk bisa patroli bersama agar tetap bersinergis yaitu pada sela pelaksanaan penenggelaman KIA eks Vietnam oleh Ibu Kajari di Kepri Coral Batam tanggal 29 Juli 2022 yang lalu.

Dalam kegiatan tersebut patroli dilaksanakan dengan unsur masing-masing, Rendezvous di laut dan saling merapat di anjungan kapal untuk cek trek patroli. Komandan Lanal Batam dan perwira staf menggunakan sarana Patroli Patkamla Combat Boat II, sekaligus mengecek kesiapsiagaan alpung yang dimiliki oleh Lanal Batam sedangkan PSDKP Batam menggunakan sarana Patroli Hiu 17. Kegiatan ini di gelar dalam rangka menegakan hukum di laut, menciptakan kondisi aman dan tertib di laut, serta berkolaborasi untuk menciptakan dan menguatkan sinergitas, soliditas, koordinasi, komunikasi, dan kerjasama yang nantinya akan dilaksanakan secara rutin, Lanal Batam akan mendukung penuh patroli bersama dengan PSDKP.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Batam dan Perwira Staf bersama PSDKP menyempatkan meninjau kesiapan Pam Puter Posal Pulau Nipa dalam menjaga kerawanan wilayah perbatasan, semua Prajurit Pam Puter dan Posal pulau Nipa dalam kondisi baik dan aman serta dilanjutkan
penekanan dari Danlanal Batam bahwa Perwira dan Prajurit pengawak sebelum relokasi agar tetap semangat dan bangga dalam menjaga tapal batas, terlebih dalam memantau lalu lintas keluar masuk perairan bahwa tugas dan fungsi pengawasan dan pengendalian terkait hal kekarantinaan menurut UU Nomor 21 Tahun 2009 sangat strategis dan perlu dipahami bersama, agar keamanan pangan, mutu dan layak halal pangan, produk rekayasa genetik/sumber daya genetik, tumbuh tumbuhan dapat terkontrol/terjaga, terlebih perlindungan SDI tertentu dan apalagi satwa liar yang dilindungi oleh aturan hukum dan penekanan dari Kasal tetap dipedomani dengan baik serta laporkan segera perkesempatan pertama bila ada hal-hal penting untuk segera diketahui Komandan.

Turut hadir dalam Patroli bersama tersebut, Danlanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H., Pasops Lanal Batam Mayor Laut (P) Ahmad Sofyan, Ka. Akun Lanal Batam Mayor Laut (S) Andi Arwin, Pasintel Lanal Batam Kapten Laut (P) Mugiyono, Danpos Pulau Sambu Letda Laut (S) Eling Wiji Prayitno, Danposal Pulau Nipa Letda Laut (K) Ringga Aldafio, S.Farm., Koordinator Sarana Prasarana Pengawasan Pangkalan PSDKP Martin Yermias Luhulima, S.H., M.Si., Nahkoda Kapal PSDKP Aldi Firmansyah, S.S., T.Pi., Mualim Kapal PSDKP Hendra Tambariki, A.Md., S.Tr. Pi., Markonis Kapal PSDKP Agus Abdul Hofir, KKM Kapal PSDKP Abdul Mu’in, A.Md., S.Tr., Pi.KKP.

(Pen Lanal Batam)

ACN/INDAH/RED

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles