Sunday, October 2, 2022
WING LOK

Peringati HUT RI Ke 77, Prajurit Lanal Sibolga Kibarkan Bendera Merah Putih Di Dasar Laut Negeri Berbilang Kaum

ACTUALNEWS.ID Sibolga, 17 Agustus 2022,– Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sibolga ikut menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut pada tanggal 17 Agustus 2022 dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 77.

Kegiatan itu dilakukan secara serentak sebanyak 77 titik dari Sabang sampai Marauke, yang dipusatkan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu, Jakarta. Sebagai Inspektur Upacara HUT ke-77 RI mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono yakni, Wakil Kepala Staf Angktan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono.

Komandan Lanal Sibolga, Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, M.Tr. Opsla mengatakan, tadi sudah dilihat secara bersama-sama begitu antusiasnya secara live yang dilakukan Wakasal dalam pengibaran bendera di 77 titik. Salah satunya adalah Lanal Sibolga. Upacara pengibaran bendera dilakukan oleh 17 orang penyelam, di perairan Pulau Bakar, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Belasan penyelam yang dilibatkan berasal dari unsur TNI AL, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Tapteng-Sibolga, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sibolga, Fuel Terminal Sibolga, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sipan Sihaporas. Serta diikuti penyelam dari unsur Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Labuhan Angin, Club Selam Sibolga-Tapteng, Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STKP) Matauli Pandan, Pos SAR Sibolga, dan Bank Indonesia Sibolga.

Danlanal Sibolga menerangkan pengibaran bendera di bawah laut bertujuan memperkenalkan potensi kekayaan maritim di Tapteng. “Potensi kemaritiman kita ini belum tereksplor (terjelajah) dengan optimal. Jadi, mari kita mengenali dan mencintainya agar tercapai Good Ocean Governence (tata kelola kelautan yang baik). Bukan saja hasil lautnya, tapi juga pelestarian biota laut, menjaga kebersihan udara, dan mengatur lalu lintas pelayaran,” ujarnya, di Pulau Bakar.

Kegiatan pengibaran bendera ini meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai titik pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut terbanyak dan serentak.

(Pen Lanal Sibolga)

ACN/INDAH/RED

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles