Sunday, October 2, 2022
WING LOK

Lantamal XII Bersama Komunitas Penyelam Kalimantan Barat Laksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih Di Dasar Laut Teluk Melano Bengkayang

ACTUALNEWS.ID, Mempawah, Lantamal XII – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII bersama Komunitas Penyelam Kalimantan Barat dipimpin Wakil Komandan Lantamal XII Kolonel Marinir Sugiyanto, S.T., M.M., mewakili Danlantamal XII Laksma Suharto, S.H., M.Si.(Han) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI dengan mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut. Pengibaran Merah Putih ini dilakukan di Teluk Melano Pulau Lemukutan Kecamatan Karimunting Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat pagi tadi, Rabu (17/08/2022)

Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut ini dilaksanakan secara serentak di 77 titik di seluruh Indonesia, dengan mengusung tema “Membangun Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.
Pengibaran bendera ini dipimpin langsung oleh Wadan Lantamal XII yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada pengibaran bendera merah putih didasar laut. Kegiatan pengibaran bendera ini melibatkan 58 penyelam dari berbagai satuan dan instansi seperti Prajurit TNI AL dalam hal ini Lantamal XII dan Yonmarhanlan XII, Polda Kalbar dari Satbrimob, Ditsamapta, Polairud, Polres Sambas, POSSI Kalbar, BP2TD, Kodam XII/Tpr dan IPDN Kampus Kalbar.

“Momen pengibaran bendera di bawah laut bertujuan untuk menunjukkan betapa luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan di dalamnya.
Kekayaan itu harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” ujarnya Wadan Lantamal XII

Dia juga mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk bersinergi bersama seluruh elemen masyarakat demi Kejayaan Maritim Indonesia, sesuai dengan tema Kemerdekaan RI tahun ini, yakni Indonesia Pulih lebih Cepat, Bangkit lebih Kuat.

“Prajurit Jalasena Samudera TNI Angkatan Laut, adalah prajurit yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan, dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia,” kata kolonel Sugiyanto.

Kegiatan pengibaran bendera merah putih dibawah laut ini merupakan agenda TNI Angkatan Laut dengan pusat acara pengibaran bendera bawah laut berada di Pulau Putri, Kepulauan Seribu yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Hal ini sesuai dengan instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia untuk melaksanakan pengibaran bendera merah putih di bawah laut secara serentak di 77 titik seluruh Indonesia dan tetap menjaga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Ksatria Jala Khatulistiwa
Dispen Lantamal XII

ACN/INDAH/RED

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles