Saturday, May 18, 2024

Lantamal I Gelar Latihan Pertahanan Pangkalan

ACTUALNEWS.ID, Belawan, 7 Juni 2022,– Sirine tanda bahaya terus menggaung disekitar Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan. Suasana yang semula kondusif mendadak berubah menjadi tegang, seluruh prajurit Lantamal I terlihat berlarian sambil membawa senjata kemudian bersiaga disejumlah pos komando yang telah ditentukan dan bersiap menghadapi serangan udara dan mempertahankan pangkalan.

Tak lama kemudian, terlihat 1 pesawat musuh terbang rendah menyerang Mako Lantamal I. Prajurit yang telah bersiaga, langsung mempertahankan pangkalannya dan melakukan penyerangan terhadap pesawat musuh dengan sigap dan cepat, dan berhasil menembak jatuh pesawat tempur musuh.

Akibat serangan udara tersebut, salah satu ruangan terkena tembakan dan dilaksanakan peran kebakaran, dengan segera Tim Pek Lantamal I memadamkan api namun ada salah satu anggota yang terluka terkena api pada saat akan menyelamatkan diri, dengan cepat Tim Diskes Lantamal I langsung mengevakuasi korban tersebut untuk dilakukan pertolongan pertama ke rumah sakit terdekat.

Hal tersebut merupakan bagian dari simulasi latihan yang digelar oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I Belawan, Selasa (07/06), sebagai bagian dari uji terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P-1 dan P-2 yang dilaksanakan guna menguji dan menilai hasil pembinaan latihan yang dilaksanakan prajurit Lantamal I Belawan selama ini yang terprogram, bertingkat dan berlanjut. Hal ini juga selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono untuk senantiasa berlatih untuk menguji kesiapsiagaan dan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut sampai sejauh mana kemampuan perorangan yang dimiliki dalam mengahadapi setiap penugasan, dalam rangka pencapaian tugas pokok dan fungsi pangkalan.
Latihan Uji Trampil Glagaspur Pangkalan Tahun 2022 yang berlangsung selama tiga hari dari 6 hingga 8 Juni 2022 ini mengujikan materi latihan diantaranya keterampilan bahari, bongkar pasang senjata laras panjang dan pistol, PBB, uji tulis, dakura, upacara persemayaman dan pemakaman, upacara penaikan bendera, valreep dan jajar kehormatan, penempatan penjagaan, pergantian pengawal, peran penanggulangan huru hara, pertahanan pangkalan, dan peran kebakaran.

(Dispen Lantamal I)

ACN/Indah/Red

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles