Sunday, October 2, 2022
WING LOK

Lanal Tarempa Wujudkan Masyarakat Perbatasan Yang Tangguh

ACTUALNEWS.ID, KepulauanAnambas,- Lanal Tarempa selenggarakan kegiatan Pembinaan Potensi Maritim Wilayah Perbatasan Laut (Binwiltasla) TA. 2022 di Wilayah Kerja Lanal Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (22/09/2022).

Pelaksanaan Pembinaan Potensi Maritim Wilayah Perbatasan Laut (Binwiltasla) TA. 2022 di Wilayah Kerja Lanal Tarempa dilaksanakan selama 2 hari sejak hari Rabu 21 September sampai hari ini Kamis 22 September, di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Aspotmar Danlantamal IV Letkol Laut (KH) M. Iksan, S.Kom., dan Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla., serta dari Spotmaral Letkol Laut (KH) Malik N.

“Kegiatan pembinaan wilayah perbatasan laut di jajaran Lantamal IV, sebelumnya telah dibuka oleh Aspotmar Lantamal IV dengan membacakan sambutan dari Danlantamal IV.

Menurut Danlantamal IV, dalam sambutannya, “Kegiatan ini merupakan bagian dari metode pembinaan teritorial yang memiliki tujuan terpeliharanya komunikasi dan silaturahmi dengan masyarakat supaya terjalin sinergitas dan kemannunggalan TNI-Rakyat dalam rangka mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh”

“Hal ini merupakan implementasi dari UU Nomor 34 Tahun 2004 salah satu tugas pokok TNI melaksanakan dengan pola Operasi Militer Selain Perang (OMSP)”.

Kemudian juga disampaikan bahwa Implementasi dari OMSP tersebut diantaranya adalah pemberdayaan wilayah pertahanan, tugas ini pada hakekatnya adalah membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan negara. Program Dawil Hanla dilaksanakan melalui pembinaan potensi maritim yang salah satunya merupakan kegiatan Binwiltasla”.

Materi yang disampaikan dalam Pembinaan Potensi Maritim Wilayah Perbatasan Laut (Binwiltasla) TA. 2022 di Wilayah Kerja Lanal Tarempa diberikan oleh Narasumber dari instansi terkait, meliputi Wawasan Kebangsaan, Penerapan Bahaya Radikalisme, Pembekalan tentang Ideologi Pancasila, Bahaya Narkoba, Pembekalan tentang Illegal Fishing dan Keselamatan Pelayaran serta Pembekalan tentang manfaat dan akibat masifnya pemanfaatan media sosial.

Kegiatan Binwiltasla tersebut juga dihadiri oleh Sekda Kepulauan Anambas mewakili Bupati Kepulauan Anambas, Wakil Ketua 1 DPRD Kepulauan Anambas, Kapolres Kepulauan Anambas, Kapolsek Siantan, Kacabjari diwakili Staf Intelijen, Ridarmaji, Kadinkes KKA, PDKP diwakili Koordinator Satuan Pengawas Sumber Daya serta Peserta Binwiltasla yang terdiri dari perwakilan dari Pramuka Saka Bahari, SMPN 2, MA Fatahillah, SMAN 1, Satpol PP, Damkar dan perwakilan dari Desa.

Kegiatan Pembinaan Potensi Maritim Wilayah Perbatasan Laut (Binwiltasla) TA. 2022 di Wilayah Kerja Lanal Tarempa, resmi ditutup hari ini oleh Danlantamal IV ditandai dengan pelepasan kalung peserta, penyerahan piagam penghargaan keikutsertaan dan narasumber serta pembagian bahan kontak berupa Sembako dan lainnya.

Kemudian, saat penutupan, Danlantamal IV juga menyampaikan bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan salah satu Kabupaten yang sangat strategis yaitu berbatasan langsung dengan negara luar, sehingga perlu kita waspadai terhadap kemungkinan beberapa aspek negatif yang dapat ditimbulkan seperti salah satunya, berkurangnya nilai-nilai cinta tanah air di masyarakat sehingga dengan adanya kegiatan ini bisa terus menumbuhkan rasa cinta kita kepada tanah air dengan maksud menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

lalu Danlantamal IV juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh unsur-unsur yang terlibat dalam pelaksanaan ini serta kepada seluruh peserta semoga kegiatan ini dapat terus terlaksana kedepannya.

(Pen Lanal Tarempa)

ACN/INDAH/RED

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles