Sunday, October 2, 2022
WING LOK

KBN Sebagai Wujud Pembinaan Potensi Maritim Wilayah Perbatasan Laut

ACTUALNEWS.ID, KepulauanAnambas,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL IV Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si., bersama Ketua Koordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada I (DJA I) Ny. Reini Kemas mengunjungi Kampung Bahari Nusantara (KBN) Batu Belah, Kamis (22/09/2022).

Didampingi oleh Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla., Danlantamal IV menyaksikan secara langsung beberapa pencapaian Klaster Kampung Bahari Nusantara (KBN) Batu Belah, terutama Klaster Ekonomi, Pariwisata, Edukasi dan Kesehatan. Selain itu, beliau juga langsung berkomunikasi dengan masyarakat setempat.

Dalam wawancaranya dengan awak media, Danlantamal IV mengatakan bahwa “Kabupaten Kepulauan Anambas tidak dapat dipungkiri secara geografis letaknya sangat strategis, wilayahnya berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga sehingga jangan sampai mereka merasa tergantung dengan negara lain. Oleh sebab itu, kegiatan program KBN ini mempunyai makna yang sangat strategis, merupakan suatu perhatian dari pemerintah dan membuktikan bahwa pemerintah masih sangat perhatian. Kami akan terus mengengembangkan program KBN ini, tentunya tidak bisa sendiri, melainkan harus bersinergi dan didukung oleh pemerintah setempat dan aparat samping”.

“Masalah pembinaan KBN dapat disesuaikan dengan potensi daerahnya masing- masing, banyak klaster yang bisa kita pilih, namun kita upayakan semua klaster akan kita kembangkan sehingga akan dapat meningkatkan taraf hidup dan pada akhirnya sangat berkolerasi dengan Pembinaan Potensi Maritim Wilayah Perbatasan Laut”.

“Saya melihat potensi wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, perlu dikembangkan terutama alamnya sangat indah, lautnya bersih, sehingga potensi klaster pariwisata sangat besar, demikian juga klaster ekonomi khususnya sektor perikanan baik hasil tangkap maupun budidaya. Saya mendengar disini sudah ada yang berhasil dan sukses mengembangkan budidaya perikanan laut, bahkan sampai diekspor keluar negeri, jadi menurut saya kedua sektor tersebut yang perlu dikembangkan”.

“Kalau kita berbicara tugas pokok TNI, khususnya TNI AL salah satunya adalah pembinaan potensi maritim atau Binpotmar, sehingga apa yang saya sebutkan tadi adalah merupakan bagian dari Binpotmar, tentunya juga seperti apa yang sudah saya sampaikan bahwa TNI AL dalam hal ini tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus berkolaborasi dengan pemerintah setempat”.

“Harapan saya, selain dapat berkolaborasi dengan pemerintah setempat, hal yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan dari masyarakat setempat, tidak pasif, punya kreatifitas dan inovasi serta tidak selalu menunggu, apa yang sudah kita buat harus dijaga dan betul-betul dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat itu sendiri”, tegas Danlantamal IV.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Lanal Tarempa juga menyampaikan bahwa setelah KBN Desa Batu Belah, saat ini sedang dilaksanakan pembinaan Desa Temburun sebagai Kampung Bahari Nusantara berikutnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kunjungan Danlantamal IV di KBN Batu Belah disambut baik oleh masyarakat setempat dan saat beliau pertama menginjakkan kaki di KBN Batu Belah, disambut dengan tari daerah sebagai ungkapan selamat datang dan diterima dengan baik.

(Pen Lanal Tarempa)

ACN/Inda/Red

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles