Saturday, May 4, 2024

Forum Ekonomi Kreatif FuturaConnectiva 2023 Siap Digelar!

ACTUALNEWS.ID Jakarta – Komite Ekraf Jakarta (KE JKT) mewujudkan komitmennya untuk memajukan sektor Ekonomi Kreatif melalui wadah kolaborasi inklusif dengan menggelar Forum Bisnis Ekonomi Kreatif, FuturaConnectiva 2023. Didukung penuh oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, acara ini digelar 21 – 22 November di Distrik Seni Sarinah Lantai 6 Jakarta. Selama dua hari, puluhan pembicara dan business mentor dari sektor Ekonomi Kreatif akan berbagi wawasan serta membuka perspektif baru melalui Creative Talkshow & Conference yang dibagi dalam dua tema besar: Sustainability in Creative Economy dan Rising Stars in Creative Economy.

Setelah keputusan Pemerintah Pusat untuk memindahkan ibu kota negara, Jakarta bersiap untuk mengukuhkan posisinya sebagai pusat Ekonomi Kreatif yang berkembang pesat, memanfaatkan keberagaman budaya dan kekuatan pelaku kreatif untuk mendefinisikan masa depannya.

Ekonomi Kreatif di Jakarta menjadi pilar utama dalam membangun jejak kota ini sebagai pusat bisnis global, demikian yang disampaikan Kepala Dinas Parekraf Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata. “Peran penting pelaku Ekraf dalam mengukuhkan Jakarta sebagai salah satu kekuatan ekonomi kreatif yang mendunia, menandai langkah maju dalam pembangunan kota yang berorientasi pada inovasi dan konektivitas global,” ungkapnya.

Diaz Hensuk selaku Ketua Komite Ekraf Jakarta juga mengungkapkan, “Pemindahan ibu kota telah membuka jalan bagi Jakarta untuk mengarahkan perhatiannya pada pengembangan sebagai kota bisnis global yang didasarkan pada keberagaman budaya dan Ekonomi Kreatif. Hal ini tidak hanya menjadi sumber inspirasi, tetapi juga menandai era baru dalam kontribusi Ekonomi Kreatif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” jelasnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Jakarta telah menjadi tempat berkumpulnya para pelaku Ekonomi Kreatif terbaik, menonjolkan praktik inovatif dalam berbagai sektor kreatif. Kehadiran para pelaku Ekonomi Kreatif telah memberikan dorongan signifikan terhadap inovasi, kreativitas, Intelektual Properti, dan pengembangan potensi bisnis yang mampu bersaing di pasar global.

Sebelumnya di 2021, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Komite Ekraf Jakarta sukses mengadakan Forum Bisnis secara online selama tiga hari dengan mengangkat narasi besar Jakarta Metaverse. Tahun ini, dihadirkan FuturaConnectiva, forum bisnis offline selama dua hari yang diharapkan menjadi wadah memfasilitasi pelaku Ekonomi Kreatif untuk belajar, membangun jejaring, dan berkolaborasi lintas sektor. Pada forum bisnis ini para pelaku industri kreatif dapat saling bertukar gagasan, mendorong kolaborasi lintas sektor, dan memperluas jaringan mereka untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.

Andhika Permata juga menambahkan,” Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat mendukung kehadiran FuturaConnectiva yang digelar dengan tujuan utama untuk mengedepankan topik masa depan terkoneksi. Melalui forum ini, para pelaku bisnis dapat memperkuat keterhubungan serta meningkatkan pemahaman terhadap perkembangan masa depan yang relevan dengan Ekonomi Kreatif. Inisiatif ini memungkinkan para peserta untuk bertukar ide, berkolaborasi, dan merencanakan strategi masa depan yang inovatif dalam ranah Ekonomi Kreatif untuk mencapai kemajuan berkelanjutan,” jelasnya.

Pembukaan FuturaConnectiva 2023 ditandai dengan penyerahan Grand Design Ekraf Roadmap hingga 2030 yang disusun Komite Ekraf Jakarta dan diterima oleh Dinas Parekraf Provinsi DKI Jakarta untuk dapat diimpelentasikan secara bersama-sama oleh seluruh pemangku kepentingan. Seremoni ini juga turut disaksikan Hayun Anujuprana selaku Direktur Akses Pembiayaan, Deputi Bidang Investasi dan Industri – Kemenparekraf RI dan Iman Santosa selalu Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf RI yang menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap inisiatif kolaboratif dari Dinas Parekraf Provinsi DKI Jakarta bersama Komite Ekraf Jakarta.

“Harapannya gelaran ini dapat menjadi katalisator peningkatan kontribusi Ekonomi Kreatif terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jakarta. Melalui inovasi, kreativitas, dan kerja sama antar-pelaku industri, diharapkan juga dapat tercapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta peningkatan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian negara,” tutup Diaz.(ACN/indah/red)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles