Friday, February 3, 2023
ADS

Yusri.M, Sekjen fokus DPD RI, Selamat Bekerja Bang H.Marulloh Matali

ACTUALNEWS.ID, Jakarta -Sekjen Fokus DPD RI Yusri M menyampaikan ucapan selamat kepada H.Marullah Matali terpilih sebagai Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi

Saat dihubungi awak media Yusri M mengatakan, selamat atas terpilihnya abangda H.Marullah.Matali sebagai ketua majelis amanah persatuan kaum betawi, semoga semakin maju semakin solid semakin majemuk dan religius.” Ucap Yusri.M ketua team pemenangan kordinator provinsi DKI jakarta, dan juga ketua staff ahli anggota DPD RI Prof.Dr.Hj.Silviana murni.S.H.,M.Si.

Diketahui 2 Bamus Bersatu menjadi Majelis Amanah Kaum Betawi pada Deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi yang digelar di Balaikota provinsi DKI Jakarta Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat. Kamis (22/12/2022).

Dualisme Bamus Betawi berakhir, Keduanya melebur menjadi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi. Deklarasi yang dilakukan di Balaikota DKI Jakarta Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat merupakan momen penting.

Acara deklarasi diwarnai dengan sejumlah pertunjukan budaya Betawi, di antaranya : Arak-arakan delman, ondel-ondel, Tanjidor, berbagai macam tarian betawi dan komunitas betawi lainnya yang bergerak ikut meramaikan acara deklarasi di Balaikota DKI Jakarta.

Tokoh Betawi yang duduk di delman antara lain, Ketua umum Bamus Betawi Riano P Ahmad dan Ketua umum Bamus Kaum Betawi 1982 H Zainuddin menjadi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi.

Selain itu tampak juga tokoh-tokoh lainnya yang duduk di delman seperti mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Edi Marzuki Nalapraya dan Nuri Thaher.

Setelah para tokoh dan Ketua umum kedua Bamus yang dilebur turun di depan pendopo Balaikota DKI Jakarta, digelar acara budaya Palang Pintu dan dilanjutkan dengan deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta.

Turut hadir di acara Deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi,
Heru Budi Hartono Pj Gubernur DKI Jakarta, Prasetyo Ketua DPRD DKI Jakarta, H Marulloh Matali Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi, H Zainudin (H Oding) Tokoh Betawi (Ketua Bamus Betawi 1982), H Nuri Taher Tokoh Betawi, H Fauzi Bowo Mantan Gubernur DKI Jakarta (Tokoh Betawi), Riano Tokoh Betawi (Ketua Bamus Betawi), Prof.H. Dailami Firdaus DPD RI Provinsi DKI Jakarta, Prof.Dr.Hj. Sylviana Murni.S.H.M.Si.

Turut Hadir juga Anggota DPD RI Provinsi DKI Jakarta dan ketua BKSP (badan kerjasama parlemen), H.Mohammad Ihsan. S.H.Ketua Umum DPP FORKABI – tegak lurus, H.Abdul Ghoni ketua umum forkabi – satu komando, Kembang latar se DKI Jakarta, Sanggar – Sanggar kebudayaan Betawi, CBBS (Cinta Budaya Betawi Sejabodetabek), Sanggar Si pitung,Para pengurus FORKABI Sejabodetabek, FBR, LKB (Lembaga Kebudayaan Betawi), Generasi Muda Forkabi, Jawara Forkabi, BPBF, Wanita Forkabi, Uus Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, LAB – laskar adat betawi, Ulama dan Habaib, Pejabat Pemprov DKI Jakarta,Tokoh – tokoh betawi lainya.

Deklarasi yang diawali dengan sambutan oleh ketua panitia deklarasi Ma’mun Amin, dan sambutan oleh Riano bersama Zainuddin.

Sekjen Bamus Betawi M Ihsan mengucapkan rasa syukur yang mendalam lantaran kaum Betawi bersatu. “Alhamdulillah, Bamus Betawi dan Bamus 1928 bersatu,” kata M. Ihsan.

“Kesepakatan yang dihasilkan kita amanahkan pada Bapak H.Marullah Matali semoga ke depannya potensi yang berada di Bamus Betawi akan melebur membawa majelis lebih baik,” ujarnya.

Dia mengharapkan, Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi bersinergi dengan Pemprov dan DPRD DKI Jakarta. “Kita butuh Penjabat (Pj) Gubernur dan DPRD DKI untuk menjadi pintu masuk membangun peradaban Betawi di Jakarta. Apalagi setelah Jakarta tidak lagi sebagai ibukota,” pungkasnya.

Sementara itu, Haji Oding (sapaan Zainudin) mengatakan, deklarasi hasil penyatuan Bamus Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982 ini melalui proses yang cukup panjang, hampir 3 tahun.

“Siang malam kita berdiskusi. Akhirnya kita sepakat demi orang Betawi, keselamatan orang Betawi dan martabat orang Betawi, kami sepakat untuk bersatu dan mendirikan Majelis Amanat Persatuan Kaum Betawi. Kita akan merubah nasib Betawi menjadi lebih maju,” kata Haji Oding.

Ia juga mengatakan kalau pihaknya dan pihak Riano telah sepakat untuk mengangkat tokoh Betawi yang saat ini menjabat sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta, yakni Marullah Matali, untuk memimpin Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi.

Sementara deklarasi berlangsung di Balai Agung, ratusan warga Betawi dari berbagai Ormas, di antaranya dari Forkabi, menyaksikan jalannya deklarasi melalui layar lebar yang dipasang di panggung hiburan yang didirikan di halaman Balaikota, di mana di panggung itu ditampilkan musik dan tari-tarian.

Hadir juga di momen tersebut, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Juga Wakil Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) DKI Jakarta sekaligus Ketua Forum Bersama Jakarta (FBJ), Budi Siswanto.

Deklarasi dibacakan oleh Sekjen Bamus Betawi Syarif Hidayatullah dan Sekjen Bamus Suku Betawi 1982 Muhammad Ikhsan.

Berikut bunyi deklarasi tersebut

Pengurus Bamus Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982 dengan ini menyatakan bahwa dengan ini menyatakan kebulatan tekad untuk bersatu dengan membentuk Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi. Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi merupakan satu – satunya lembaga yang diamanatkan untuk mewakili dan memperjuangkan kepentingan kaum Betawi, serta penyelenggaraan Musyawarah Besar pada tahun 2023. Semoga Allah SWT meridhoi.

ACN/GITO/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles