Friday, March 29, 2024

Serka Samijo Ajak Warga Lakukan Penghijauan

ACTUALNEWS.ID, BOYOLALI. Babinsa Wonodoyo Anggota Koramil 07/Cepogo Kodim 0724/Boyolali Serka Samijo bersama warga Desa wonodoyo dan relawan melaksanakan penanaman pohon Suren di lereng pegunungan sekitar Dukuh Taring Desa Wonodoyo Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali Senin (01/02).

Saat Ditemui Serka Samijo mengatakan ada sekitar 100 pohon Suren yang ditanam di lereng pegunungan. Kegiatan Penanaman Pohon Suren ini dilakukan untuk mencegah terjadinya tanah longsor, dimana kondisi wilayah tersebut berada di lereng Gunung Merapi.

“Kegiatan ini murni dilakukan karena kami sadar dan peduli terhadap lingkungan. Semua komponen wajib menjaga dan melestarikan hutan lindung agar tetap hijau. Selain itu juga untuk menimalisir terjadinya bencana tanah longsor dan banjir. Apalagi, saat ini mulai musim penghujan.” Ungkap Serka Samijo.
Akar tanaman Suren yang kuat akan memperkokoh kondisi tanah sehingga jalan yang kebetulan berada di antara tebing dan sungai ini akan tahan dengan longsor. Di waktu penghujan akar pohon-pohon akan menyerap air, sehingga nantinya sebagai cadangan kalau musim kemarau datang.

Serka Samijo juga berharap agar masyarakat bisa memperhatikan dan terus merawat sehingga pohon Suren tersebut bisa hidup besar dan nanti hasilnya bisa dinikmati oleh warga.

(Agus Kemplu)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles