Monday, June 24, 2024

Pesan Danramil 03/GP Kapten Inf Sriyanto Saat Berikan Materi Webinar Pengembangan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar SMA/SMK Se-Jakarta Barat

ACTUALNEWS.ID, Kodam Jaya, Jakarta Barat – Dalam rangka Pemantapan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi Pelajar SMK dan SMA se-Jakarta Barat, Komandan Koramil 03/GP Kodim 0503/JB Kapten Inf Sriyanto memberikan materi yang berjudul, “Pengembangan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar”, sebagai Narasumber dalam acara Webinar yang digelar oleh Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Barat, Kamis (8/6/2023).

Kegiatan Webinar Pemantapan Wawasan Kebangsaan bagi Pelajar SMA/SMK diikuti sebanyak 120 pelajar SMA/SMK se-Jakarta Barat, diadakan melalui Zoom Meeting bertempat di Gd.B, Lt.13, Kantor Walikota Jakarta Barat, Jl.Kembangan Raya No.2, Kembangan, Jakarta Barat dan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Acara Webinar dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta Bapak Drs.Taufan Bakri yang mengatakan, bahwa kegiatan ini terus dilakukan oleh Kesbangpol untuk memberikan pemahaman, menumbuh kembangkan semangat persatuan dan kesatuan terutama di kalangan Generasi muda demi menjaga keutuhan NKRI.

Selanjutnya adalah paparan dari Komandan Koramil 03/GP Kapten Inf Sriyanto selaku narasumber webinar yang menjelaskan, “Pada hari ini saya menjadi narasumber webinar Pemantapan Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Suban Kesbangpol Kota Adm. Jakarta Barat. Tema materi yang saya berikan adalah pengembangan wawasan kebangsaan bagi pelajar”, ucapnya kepada awak media.

“Indonesia terbangun dari 1.340 suku bangsa yang terdiri dari 17.504 pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia seluas 1.922.570 km2. Apabila dikelola dengan baik merupakan potensi & kekayaan bangsa, akan menjadi negara yang besar, damai, aman, adil, makmur dan disegani negara lain”, tambahnya.

“Namun apabila tidak dikelola dengan baik, antara lain dengan sifat egoisme dan tidak ada toleransi, sifat fanatisme kedaerahan yang berlebihan, fanatisme agama yang berlebihan, lunturnya jiwa nasionalisme, makan akan terjadi konflik horizontal dan eksistensi NKRI terancam apabila diabaikan”, pungkas Danramil.

“Sebagai upaya dan langkah wujud cinta tanah air, kita harus melakukan bela Negara sesuai amanat Undang-undang Dasar 1945 pasal 27 ayat 3 bahwa setiap warga negara berhak & wajib ikut serta dalam upaya bela negara (Belneg). Dan pasal 30 ayat 1 bahwa tiap-iap warga negara berhak ikut serta dalam upaya pertahanan keamanan negara (hankamneg)”, urai Danramil.

 Di akhir materi, Kapten Inf Sriyanto berpesan, “Apa bentuk bela negara bagi Pelajar?. Sebagai wujud bela negara yang harus dilakukan oleh para pelajar adalah laksanakan belajar dengan baik, jangan terlibat Narkoba, jangan tawuran antar pelajar dan sebagainya. Tanamkan diri kalian budi pekerti yang luhur, dan implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, di lingkungan sekitar, di dalam lingkungan sekolah dan juga dalam lingkup pergaulan dengan teman-teman kalian”.

“Karena 40 tahun kedepan, Indonesia milik kalian wahai Generasi Z, siapkan diri kalian dengan baik untuk menyongsong Indonesia Emas. Dengan sikap dan perilaku yang dijiwai oleh kecintaannya pada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1845 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara”, tegas Kapten Inf Sriyanto yang telah 30 tahun berkarier di TNI dan 27 tahun dalam dunia Intelijen.

Hadir dalam giat tersebut antara lain Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta Drs. Taufan Bakri, M.Si., Kepala Suku Badan Kesbangpol Kota Adm. Jakarta Barat H. Muhammad Matsani, S.Sos., M.Si., Narasumber Webinar antara lain Danramil 03/GP Kapten Inf Sriyanto, Ketua KPU Kota Jakarta Barat H. Cucum Sumardi dan Praktisi Drs. Tafdil, M.Si. Dengan moderator Bapak Furqonudin (FPK JB), serta Ibu Susi Kamelia dan Bapak Cholid Soheh (FPK JB) selaku pembawa acara.

(Sumber Pendim 0503/JB)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles