Friday, April 19, 2024

Memperingati Hari Lahirnya Pancasila, HMPS Agroteknologi Universitas Nias Melaksanakan Aksi Pembersihan Lingkunan Sekitar Kota Gunungsitoli

Foto: Mahasiswa dari Program Studi Agroteknologi Universitas Nias berfoto bersama sebelum kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimulai

Sumatera Utara – Nias, AktualNews – Memperingati hari lahirnya Pancasila 01 Juni 2023, puluhan Mahasiswa dari Program Studi Agroteknologi Universitas Nias melaksanakan kegiatan bakti sosial di sekitar jalan Kota Gunungsitoli pada Hari Jumat (01/06/2023).

Salah seorang perwakilan mahasiswa atas nama Pikirkan Waruwu mengatakan bahwa aksi Pendawara ini adalah sebagai wujud nyata pengamalan Pancasila untuk mendorong kesadaran masyarakat dalam pentingnya untuk mnejaga kelestarian lingkungan.

Hal senada dikatakan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Agroteknologi, Friska Hastika Gea yang mengatakan bahwa “Aksi ini merupakan kepedulian mahasiswa terhadap keberlangsungan hidup umat manusia di masa yang akan datang; dan dalam kesempatan yang sama juga HMPS Agroteknologi sepakat untuk menjadikan Go Green sebagai dasar  filosofi hidup mahasiswa khususnya Program Studi Agroteknologi Universitas Nias”. “Kami mahasiswa Program Studi Agroteknologi berharap, dengan aksi ini mengubah pola pikir dan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli akan lingkungan sekitar dan kegiatan ini tidak akan sampai disini saja melainkan berkelanjutan dan juga akan ada program-program yang akan lebih besar lagi ke depan seperti seminar mengenai lingkungan”, ujar mahasiswi yang sedang menjalankan studi di semester 2 itu.

Hal tersebut juga didukung oleh Penanggung jawab sekaligus sebagai Plt. Ketua Program Studi Agroteknologi, Universitas Nias, Putra Hidayat Telaumbanua, S.P., M.M., yang menyatakan bahwa aksi peduli lingkungan sekitar ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa Program Studi Agroteknologi yang sudah resah mengenai kondisi lingkungan saat ini dan sebagai upaya dalam memberikan ajakan kepada masyarakat luas untuk menciptakan Green Lifestyle atau gaya hidup untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan. “Tentu kami sebagai insan pendidik mendukung penuh kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan sebagai bentuk dari pengamalan nilai-nilai Pancasila”, tuturnya.

Kegiatan ini dimulai dari kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias menuju lapangan merdeka kemudian membagi 3 kelompok yang masing-masing kelompok tersebut menjalankan pembersihan jalanan di 3 lokasi yakni di Taman Kota Gunungsitoli, RSUD Thomson dan di Pendopo Kabupaten Nias dan kemudian berjalan kaki sambil melakukan pembersihan jalanan ke arah Gedung Rektorat Universitas Nias di Jalan Pancasila sebagai titik terakhir.

Dalam kegiatan ini turut hadir juga beberapa Dosen dari Program Studi Agroteknologi, Universitas Nias yakni Ridho Victory Nazara S.P., M.Agr dan Ir. Elemonoku D. Telaumbanua dan tidak ketinggalan juga hadirnya Plh. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Jurisman Waruwu, S.Kom., M.Kom beserta beberapa masyarakat sekitar Kota Gunungsitoli.

Menanggapi kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, masyarakat sekitar menyambut baik kegiatan ini dan juga ada yang antusias dalam membantu mahasiswa/I Agroteknologi dalam melakukan aksinya. “Kalau ini kegiatan yang positif dan bermanfaat harus didukung apalagi kalau ini berkelanjutan bisa menciptakan Kota Gunungsitoli yang asri, nyaman dan menarik bagi masyarakat luas”, ujar salah seorang warga Erwin Zebua yang juga petugas keamanan taman Kota Gunungsitoli.

Sebagai informasi, Program Studi Agroteknologi merupakan program studi yang baru dibentuk dibawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nias. Program studi ini merupakan program studi yang bidang keilmuannya fokus pada budidaya pertanian berbasis teknologi. Mahasiswa Program studi Agroteknologi merupakan mahasiswa-mahasiswa pilihan penerima beasiswa Yayasan Perguruan Tinggi (YAPERTI) Nias berupa bebas uang kuliah dan uang asrama dari semester 1-8. Pada tahun ini juga dibuka kembali kuota penerimaan mahasiswa Program Studi Agroteknologi jalur beasiswa berupa pembebasan uang kuliah sampai semester 8. 

Selain Program studi Agroteknologi, ada juga Program Studi Sumber Daya Akuatik (Perikanan) dan Program Studi Teknologi Informasi yang juga dibawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi. (JFL – ACN/22/RED/062)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles