Friday, February 3, 2023
ADS

Kemenparekraf RI Sambut Baik Program Kerjasama Ekonomi Kreatif Dengan PB- FORMULA

,ACTUALNEWS.ID, Jakarta – Pengurus Besar Forum Ulama Dan Aktivis Islam (PB-FORMULA) yang dipimpin Ketum PB- FORMULA, Tuan Guru Dedi Hermanto dan Sekjen PB- FORMULA, Ustadz. Nandang Sektiyo beserta Jajarannya 

menghadiri undangan rapat khusus (Audiensi) dengan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, diterima langsung oleh Deputi Bidang Sumber Dayak dan Kelembagaan Kemenparekraf RI ibu Martini Mohamad Paham beserta Jajaran unit kerja terkait mewakili Menteri Parekraf, Sandiaga Uno. Bertempat di Gedung Sapta Pesona, Ruang Rapat Lantai 11. Pada hari Rabu (21/12/2022) mulai pukul 14.00 WIB S/D 16.00 WIB.

Dalam kesempatan itu Ketum PB Formula, Tuan Guru Dedi Hermanto

menyampaikan tentang Organisasi Forum Ulama dan Aktivis Islam  (FORMULA) baik sejarah terbentuknya maupun Profil Organisasi dan Visi Misinya, bahwa FORMULA hadir adalah sebagai Penengah (Islam Wasthiyah) seperti setetes embun di tengah padang pasir yang memberikan kesejukan dan kedamaian.

Kemudian dilanjutkan oleh Sekjend PB- FORMULA,  Nandang Sektiyo dengan menyampaian program dan Kegiatan Ekonomi Kreatif yang ada di PB Formula diantaranya bahwa setahun sebelum terbentuknya PB Formula, Para Personil PB Formula telah membuat sebuah Koperasi Konsumen dan selama setahun kegiatan usahanya adalah di bidang Distribusi Telur di Jabodetabek dan saat ini sudah memasok ke pasar E commerce, selain itu disampaikan juga bahwa PB Formula melalui Koperasi nya telah membuat beberapa program dan karya ekonomi kreatif, di antaranya : 

  1. Aplikasi Sistem Informasi Terpadu berbasis Komunitas, sasarannya adalah untuk Ponpes dgn nama SIPTren (Sistem Informasi Pondok Pesantren),  dengan contoh yg sdh diterapkan di Lingkungan maupun komplek perumahan – perumahan di daerah Jawa Barat. 
  2. Pembuatan Minimarket Terpadu, sasarannya Pondok Pesantren dan DKM Masjid,  dengan tujuan agar Pesantren bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dan keunikannya adalah dengan mendapatkan cashback dan SHU (Sisa Hasil Usaha) secara real time yang muncul di Akun Aplikasinya, untuk setiap pembelanjaan dari anggota dan referensi nya (sebagaimana Hadits Rosulullah SAW : “Siapa yang menunjukkan kebaikan kepada seseorang, akan mendapatkan pahala dari yang di lakukan orang tersebut), dan untuk Lembaga Ponpesnya pun akan mendapatkan defiden yang sama. Dalam program ini kami bekerjasama dengan Investor, yang mensyaratkan minimal memiliki 300 orang anggota komunitas nya sebagai pasar dari Minimarket tersebut. 
  3. Program Desa Digital dengan kegiatan pemasangan Wifi seperti yang sudah di lakukan di beberapa daerah di Jawa Barat, kerjasama dengan BUMD dan RW dengan pola bagi hasil,  kemudian akan dikembangkan untuk Lingkungan Pondok Pesantren yang memang basis kepengurusan dan anggota PB Formula sangat banyak dari Pengasuh Pondok Pesantren di 15 Provinsi di Indonesia, 

Adapun informasi tersebut langsung mendapatkan tanggapan dan apresiasi yang sangat baik oleh Deputi bidang sumber daya dan kelembagaan Kemenparekraf (ibu Martini MP) beliau menyambut baik dan memberikan dukungan dengan langsung menyambungkan kepada unit-unit kerja dibidangnya dan mengharapkan PB Formula bisa bekerjasama dengan Kemenparekraf dalam bidang ekonomi kreatif masyarakat dan sekaligus dapat membantu mempublikasikan program Sapta Pesona Kemenparekraf melalui jaringan PB Formula.

Selanjutnya Sekjend PB Formula, Nandang Sektiyo yang biasa di sapa Ustadz Nando, menyampaikan terkait program “Santripreneur digital”  yang di gagas oleh wapres dan sdh di laksanakan oleh Kemenparekraf, bahwa program kegiatan tersebut sepertinya baru bisa membantu personal santri, tetapi belum sampai memakmurkan kelembagaan Pondok Pesantren nya, dan PB Formula berharap pemerintah bisa memberikan kebijakan dan melakukan pembinaan maupun pendampingan agar kelembagaan Pondok Pesantren bisa juga mendapat kan manfaat untuk pengembangan sarana dan prasarana nya.

Lanjutnya kemudian untuk Pendampingan UMKM  yang sudah dilakukan Pemerintah sampai dengan berjalan dan suksesnya UMKM tersebut, agar Perusahaan tersebut memiliki tanggungjawab moral untuk ikut serta membina UMKM yang masih belum berkembang dan belum memiliki akses mendapatkan dukungan dari pemerintah. 

Dalam pernyataan penutupnya Ketua Umum PB Formula, Tuan Guru Dedi Hermanto menyampaikan program dalam waktu dekat PB Formula akan menyelenggarakan kegiatan “Seminar Resolusi Kebangsaan” yang Insya Allah dilaksanakan pada bulan Januari 2023, dan harapan dari pertemuan rapat audiensi ini, 

“Diharapkan agar pemerintah khususnya kemenparekraf RI dapat memberikan dukungan, pembinaan dan support kepada PB Formula untuk ikut serta dalam pembangunan bangsa dan negara Republik Indonesia,” pungkas Tuan Guru Dedi Hermanto kepada sejumlah awak media massa di  Jakarta, Rabu (21/12/2022)

Sedangkan diakhir rapat audiensi tersebut. Deputi Sumberdaya dan Kelembagaan Kemenparekraf RI, Ibu Martini Mohamad Paham  mengucapkan terimakasih atas atensi PB Formula dan langsung mempersilahkan untuk PB Formula meeting lanjutan terkait pelaksanan kerjasama dengan Unit Kerja terkait di Kemenparekraf. 

Editor : (Cuncun/San)

ACN/Red

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles