Tuesday, April 30, 2024

DORONG MAHASISWA TIDAK MELULU BERMINDSET PNS, PRODI BK FKIP UNIVERSITAS NIAS MENYELENGGARAKAN SEMINAR BISNIS

Sumatera Utara, AktualNewsMenjadikan mahasiswa bekerja dan produktif menjadi tujuan akhir dari perkuliahan.  Selesai dari perkuliahan harapan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang baik sangatlah tinggi. Tidak jarang tujuan akhir mahasiswa adalah bisa bekerja menjadi Pegawai di Lembaga Pemerintah/Swasta. Padahal ada hal lain yang bisa dilakukan selain bekerja menjadi pegawai yaitu menjadi Wirausaha/Entrepreneur. Bahkan dengan menjadi wirausaha memungkinkan kita untuk menciptakan lapangan kerja. Perubahan pola pikir inilah yang coba dilakukan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling kepada para mahasiswa melalui kegiatan seminar bisnis. Seminar yang mengambil tema “Sense of Business Mindset” mencoba untuk mengobah pola pikir mahasiswa bahwa pilihan mereka bukan hanya bekerja  tetapi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan berbisnis.

Kegiatan seminar dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Februari 2024 di Ruang 5 FKIP Universitas Nias dengan narasumber JONI HUANG, S.T., S.S.A selaku pengusaha dan dimoderatori oleh HOSIANNA RODEARNI DAMANIK, S.Psi., M.Psi., selaku Ketua Prodi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan akhir semester Program Studi Bimbingan dan Konseling. Tema yang diambil dimaksudkan agar mahasiswa  agar mahasiswa memiliki wawasan yang lebih luas mengenai masa depan. Mereka tidak hanya berpikir bekerja, tetapi juga bisa menjadi pencipta lapangan kerja dengan menjadi wirausaha.

Dalam arahan dan bimbingan pembukaan kegiatan yang disampaikan oleh bapak Aprianus Telaumbanua, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi FKIP Universitas Nias mengajak peserta seminar untuk mindset bisnis yang mempengaruhi sikap dan perilakunya dalam mencapai tujuan, mampu mengambil keputusan-keputusan yang lebih tepat sehingga lebih dapat meminimalisir kegagalan bisnis. Beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa tidak hanya sekedar menjadi peran motivator akan tetapi lebih kepada pelaku bisnis yang mampu berkompetitif.

Paparan materi yang disampaikan narasumber berlangsung secara partisipatif. Joni Huang selaku narasumber dalam materinya melatih dan menyampaikan bahwa mahasiswa harus bisa melatih sense-nya dalam berwirausaha. bahwa mahasiswa zaman sekarang harus mampu membangun NIAS (Networking, Insiatif, Atitude, Skill). Dengan demikian mindset wirausaha itu mampu terbangun dengan baik.

Dalam sesi diskusi ada banyak mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling yang menyampaikan pertanyaan tentang membangun keyakinan dalam memulai usaha. Melalui NIAS yang baik maka keyakinan ini bisa terbangun dengan baik. Mengasah meningkatkan kemampuan diri bisa dibangun dengan NIAS (Networking, Insiatif, Atitude, Skill) yang baik tersebut.

Hosianna Rodearny Damanik, S.Psi., M.Psi., selaku moderator dan juga Ketua Prodi BK kembali menegaskan agar mahasiswa/i Prodi BK harus bisa membangun NIAS (Networking, Insiatif, Atitude, Skill). “Mahasiswa/i Prodi BK harus bisa berpikir out of the box”, pungkasnya.

Di akhir acara Dr. Yaredi Waruwu, S.S., M.S. selaku dekan FKIP Universitas Nias menyampaikan apresiasi atas inisiatif kegiatan ini. “Kegiatan ini sungguh sangat baik dalam membangun Nias ini kedepan. Perubahan mindset dari pekerja menjadi pencipta lapangan kerja dibutuhkan untuk kita membangun Nias semakan lebih baik. Terimakasih kepada Prodi BK yang telah menjadi inisiator kegiatan ini”, pungkasnya.

Dalam penutup kegiatan Justin Foera-era Lase, S.Tr.Sos., Sp.P.S.P.D (Sekretaris Prodi BK) menyampaikan terimakasih kepada narasumber yang telah mengupas banyak tentang perubahan mindset menjadi entrepreneur. Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu usaha Prodi BK untuk mencapai Profil Lulusan Prodi BK FKIP Universitas Nias menjadi wirausaha. “Kami sungguh yakin kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswa Prodi BK kedepan dengan adanya perubahan mindset yang lebih baik”, tutupnya. Kegiatan berlangsung dengan interaktif dan ditutup dengan kegiatan foto bersama.

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nias (JL – ACN/22/RED/062)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles