Tuesday, May 7, 2024

Deklarasi Pemilu Damai 2024 Komunitas Mahasiswa umatera Utara ( KMSU) Jakarya Dan Sekitarnya

ACTUALNEWS.ID, Jakarta —Pada hari Kamis 08 Februari tahun 2024 di Jakarta, Sukma Wijaya Hasibuan selaku ketua umum Kounitas Mahasiswa Sumatera Utara (KMSU) Jakarta dan sekitarnya mengkonsolidasikan kepada seluruh elemen mahasiswa perantauan jakarta.

Sukma Wijaya menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia terkhusus masyarakat Provinsi Sumatera Utara untuk bersama-sama menjadikan pemilu 2024 berjalan dengan kondusif yang sesuai dengan prinsip Luber-Jurdil.

Sukma menyampaikan telah mengkonsolidasikan kepada seluruh mahasiswa perantaun dari daerah Sumut untuk melakukan deklarasi pemilu damai, sebab persatuan dan keutuhan di atas segalanya, tanpa harus adanya perpecahan di antara masyarakat. Untuk itu Sukma Wijaya Hasibuan selaku ketua umum KMSU Jakarta mengambil sikap untuk mengawal terlaksananya pemilu damai dan menghimpun seluruh mahasiswa-mahasiswi perwakilan dari 33 kabupaten kota Se Provinsi Sumatera Utara yang berada di jakarta Yang Tergabung Dalam Komunitas Mahasiswa Sumatera Utara Jakarta dan sekitarnya.

Sukma menegaskan bahwa peran pemuda didalam kancah politik Indonesia sangatlah penting, yaitu dapat menentukan keberhasilan dan kesuksesan Pemilu/ Pilkada serentak 2024, baik secara kuantitas maupun secara kualitas. Maka pemilih muda harus menjadi pemilih cerdas, rasional, kritis, dan kalkulatif. Tidak menjadi pemilih irrasional, pragmatis, skeptis, apatis, apalagi pemilih transaksional, Sehingga melahirkan pemilih yang berkualitas dan cerdas, khususnya di kalangan kaum milenial. Sebab pemilih cerdas menjadi syarat bagi terwujudnya Pemilu berintegritas.

Komunitas Mahasiswa Sumatera Utara Jakata dan Sekitarnya Menegaskan akan Mengawal Pemilu Damai 2024, Dalam Rangka MENCIPTAKAN PEMILU YANG BERINTERGRITAS, DAN KONDUSIF YANG BERLANDASKAN ASAS LUBER-JURDIL.

Adapun upaya deklarasi ini adalah bagian dari literasi tentang bagaimana memaksimalkan peran pemuda didalam kanca politik Indonesia. Sehingga Diperlukannya pendidikan pemilih dan literasi demokrasi yang harus dilakukan secara komprehensif, holistik dan integral.

Adapun Isi dari Deklarasi Pemilu damai KMSU Jakarta dan sekitarnya Berkomiten Untuk.

  1. Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Yang Berdasarkan Pancasila, Dan Undang- Undang Dasar Tahun 1945;
  2. Berkomitmen Menyukseskan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 Yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur Dan Adil.
  3. Berkomitmen Mewujudkan Situasi Yang Kondusif, Aman Dan Damai Untuk Menyukseskan Pemilu 2024 Yang Berkualitas Dan Berintegritas
  4. Berkomitmen Melawan Segala Bentuk Perbuatan Yang Dapat Menimbulkan Kegaduhan Politik Dan Memecah Belah Persatuan Dan Kesatuan Bangsa
  5. Menolak Segala Bentuk Penyebaran Hoaks, Kampanye Hitam, Ujaran Kebencian, Politik Uang, Dan Politisasi Sara.
  6. Menolak Upaya Yang Dapat Menimbulkan Perpecahan Di Masyarakat Dan Menghindari Kegiatan Yang Bersifat Provokatif, Menghasut, Ujaran Kebencian Serta Tidak Menggunakan Isu Sara Dalam Pelaksanaan Pemilu 2024.
  7. Menghimbau Agar Seluruh Elemen masyarakat Indonesia terkhusus Masyarakat Sumatera Utara turut aktif menggunakan Hak Suaranya Demi Terciptanya Pemilu yang Berintegritas dan Berkualitas.

Atas nama Pengurus Komunitas Mahasiswa Sumatera Utara Jakarta dan Sekitarnya, Jakarta 8 februari 2024, Sukma Wijaya Hasibuan Selaku Ketua Umum KMSU Jakarta periode 2023 – 2024.

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles