Sunday, May 19, 2024

Uji Terampil Jabatan, Menguji Kemampuan Prajurit Kodim 0502/JU

ACTUALNEWS.ID, Jakarta Utara – Kodim 0502/Jakarta Utara menyelenggarakan kegiatan Uji Terampil Jabatan (UTJ) bagi prajurit yang berpangkat Bintara dan Tamtama. UTJ digelar di Stadion Rawa Badak Utara Kec. Koja Jakarta Utara, Senin (28/3/2022).Kegiatan UTJ merupakan lanjutan dari latihan perorangan dasar (Latorsar) dan latihan perorangan umum (Latorum) untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan anggota dalam penguasaan tugas sesuai dengan jabatan yang diemban.

Komandan Kodim 0502/Jakarta Utara Letkol Inf Frega Wenas Inkiriwang, Ph.D, FHEA dalam apel sebelum pelaksanaan UTJ menyampaikan, uji terampil jabatan merupakan metode untuk menguji prajurit dalam melaksanakan tugas sesuai dengan pangkat dan jabatan. Baik terkait pemahaman maupun penguasaan terhadap pengetahuan yang dimiliki setiap prajurit.“Uji terampil jabatan ini merupakan tindak lanjut dari uji terampil perorangan, yang mana kegiatan ini untuk mengukur kemampuan sesuai dengan tugas dan jabatan masing- masing prajurit,” imbuhnya.Lebih lanjut Dandim menyampaikan, dengan adanya kegiatan UTJ setiap prajurit bisa mempedomani referensi yang ada dengan mengaplikasikanya sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Selain itu akan dapat meningkatnya kemampuan untuk menunjang tugas sebagai aparat komando kewilayahan.“Meskipun tuntutan tugas sebagai aparat kewilayahan cukup banyak namun kegiatan UTJ harus kita laksanakan, hal ini merupakan bagian pembinaan personel dan latihan sebagai realisasi program kerja sebagai bekal setiap prajurit dan memahami jabatan yang diemban,” pungkasnya.

Mayor Arm Sidik Abriyanto, komandan latihan menjelaskan, UTJ dilakukan untuk mendukung pelaksanaan tugas satuan serta profesionalisme prajurit dalam mengemban jabatannya. “Peserta akan menjawab pertanyaan dari penguji sesuai dengan jabatan masing-masing,” katanya.

Sidik menjelaskan, “UTJ diikuti oleh prajurit dengan jabatan Bintara Intel, Bintara pembina desa (Babinsa), Bintara tinggi urusan dalam (Bati Tuud), Batih penghubung Koramil, Batih bakti TNI Koramil, Batih komsos Koramil dan Batih wanwil”.

Sumber Pendim 0502/JU

ACN/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles