Friday, March 29, 2024

Lantamal I Laksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih Bawah Laut Di Pulau Pandang Dalam Rangka Memperingati HUT Ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022

ACTUALNEWS.ID, Belawan,- Dalam rangka Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-77, TNI Angkatan Laut menggelar Upacara Pengibaran Bendera dibawah laut secara serentak pada 77 titik di lautan nusantara di wilayah kerja seluruh jajaran TNI AL Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih dibawah laut di Pulau Pandang, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (17/08/2022).

Adapun tema peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 Tahun 2022 adalah “Membangun Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Kegiatan upacara pengibaran bendera secara serentak dibawah laut juga sekaligus memecahkan Rekor MURI pengibaran bendera serentak dibawah air sedunia, ungkap Awan Rahargo dari MURI. Maka dari itu diberikan piagam penghargaan dari Awan Rahargo kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut yang diterima oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Adapun pelaksanaan pengibaran bendera bawah laut di Pulau Pandang diikuti oleh penyelam 30 personil terdiri dari Lantamal I, Yonmarhanlan I, Polairud Polda Sumatera Utara dan POSSI Sumatera Utara dan pelaksanaan upacara berlangsung secara aman lancar personil dan material serta khidmat.

Hal ini sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-77 untuk melaksanakan pengibaran bendera secara serentak dibawah laut di 77 titik wilayah Nusantara dan “Jaga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi,Masyarakat,Bangsa dan Negara”.

“Upacara pengibaran bendera Merah Putih dibawah laut dapat menjadi momentum lebih meningkatkan kecintaan pada bangsa dan tanah air Indonesia sebagai Negara maritim. Menimbulkan kesadaran akan kecintaan dan membangun kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih lebih Cepat Bangkit lebih Kuat,” sesuai tema diatas. Kita harus menghormati bendera merah putih sebagai pemersatu bangsa dimana Bangsa Indonesia beragam suku, agama, ras yang menyatu dalam Bhinneka Tunggal Ika.

(Dispen Lantamal I)

ACN/INDAH/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles