Saturday, May 18, 2024

Lanal Tarempa Tanam 1000 Pohon Bakau Sebagai Awal Penanaman Serentak Diseluruh Indonesia

ACTUALNEWS.ID, Kepulauan Anambas, 7 Juni 2022,– Keberadaan hutan mangrove sangat berpengaruh terhadap kelangsungan atau keseimbangan ekosistem di laut dan pesisir. Beberapa fungsi hutan mangrove diantaranya sebagai daerah pemijahan, pengasuhan, dan tempat mencari makan sebagian besar jenis biota laut. Hutan mangrove mampu memperkaya berbagai bahan organik yang dapat menjadi sumber makanan.

Selain itu, hutan mangrove memiliki fungsi sebagai pelindung pantai dari abrasi dan sebagai penahan benda asing yang terbawa dari darat agar tidak mencemari laut.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M. Tr. Opsla, mengatakan bahwa “Penanaman pohon bakau yang dilakukan ini adalah sebagai upaya TNI Angkatan Laut melalui program dari Staf Potensi Maritim Angkatan Laut (Spotmaral) untuk melestarikan dan mengembalikan hutan mangrove agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya”

“Upaya tersebut saya laksanakan dengan mengoptimalkan dan memberdayakan fungsi Babinpotmar jajaran Pangkalan TNI AL, khususnya dalam hal ini Lanal Tarempa, salah satu cara yang kami lakukan adalah melaksanakan penggalangan, memberikan pengertian dan himbauan kepada masyarakat pesisir, agar lebih peduli akan pentingnya lingkungan bagi keberlangsungan hidup,” ujar Danlanal Tarempa.

“Saya berharap, konservasi atau pengembalian hutan mangrove ini dapat mengoptimalkan kembali fungsi-fungsi hutan mangrove yang nantinya akan berpengaruh terhadap peningkatan produksi ikan, udang dan kepiting yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, terlebih lagi dapat meningkatkan taraf perekonomian mereka,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa target kami pada puncaknya, sedikitnya 5000 pohon bakau akan kami tanam di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, namun untuk sementara hari ini, penanaman 1000 pohon bakau kami lakukan di Desa Temburun Kecamatan Siantan Timur dengan bantuan Kepala Desa Temburun, ke depan dalam waktu dekat, Spotmaral akan menyelenggarakan penanaman pohon bakau secara serentak diseluruh Indonesia, yang tentunya sebagai pelaksana di lapangan, dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL dan jajarannya.

Kemudian Danlanal Tarempa menambahkan bahwa kegiatan tetsebut sesuai dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara”.

Dalam pelaksanaan penanaman pohon bakau, Kapten Laut (P) Sunaryo, Pjs. Paspotmar sebagai penanggung jawab di lapangan mengatakan, pelaksanaan penanaman bibit pohon bakau ini dilaksanakan dengan melalui beberapa tahapan, namun saat ini tahap pembibitan/pembenihan sudah dilakukan sebelumnya, kami mulai dari penanaman di pantai atau pesisir dengan jarak berkisar antara 1 sampai dengan 1,5 meter, lalu diberi penyanggah dengan kayu dan diikat agar tidak roboh dan lepas dari media/tanah, selanjutnya perkembangannya akan dipantau dan dirawat oleh Babinpotmar dan masyarakat setempat._

(Pen Lanal Tarempa)

ACN/Indah/Red

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles