Friday, February 3, 2023
ADS

DPD Gerakan Mahasiswa dan Pelajar DKI Jakarta Gelar Deklarasi, Kaum Intelektual Muda Sebagai Kader dan Pemimpin Bangun Indonesia

ACTUALNEWS.ID, Jakarta — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Mahasiswa dan Pelajar DKI Jakarta gelar deklarasi mewujudkan kaum intelektual muda sebagai kader dan pemimpin bangun Indonesia di Gedung Djoeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23 /12/2022).

Kaum intelektual muda terdepan dalam menentukan maju dan mundurnya sebuah bangsa dan negara. Pemuda harus hadir dalam menjawab dan menghadapi berbagai problematika di setiap lini pembangunan ditengah arus disrupsi yang ditandai dengan masifnya kemajuan teknologi dan sains. Untuk itu pemuda dituntut bertanggungjawab, responsif dan beradaptasi dan memiliki visi yang besar untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara.

DPD Gerakan Mahasiswa dan Pelajar (GMPK) DKI Jakarta mengajak seluruh elemen dan lapisan masyarakat untuk berjuang dan terlibat dalam setiap tantangan dan problematika situasi kebangsaan saat ini. Kaum intelektual muda harus mengedepankan semangat patriotisme dan nasionalisme agar terhindar dari perpecahan dan konflik sosial horizontal.

Eksistensi kaum intelektual muda senantiasa mempertontonkan semangat menjaga kesatuan dan persatuan sesama anak bangsa yang beragam dalam bingkai kebhinekaan untuk keutuhan hidup berbangsa dan bernegara.

Sebagaimana yang diamanatkan dalam konstitusi dan cita-cita bangsa Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dan melindungi segenap tumpah darah Indonesia.

Inisiator dan deklarator GMPK, Ebiet Yons Wilfried mengatakan kepemimpinan tidak serta merta turun dari langit, melainkan ada upaya, pengorbanan, ikhtiar dan kerja keras untuk mempersiapkan kaum intelektual muda sebagai kader dan pemimpin mewujudkan keadilan sosial dan bangun Indonesia.

“Mempersiapkan kaum muda sebagai manusia pembelajar dan tahan banting. Kaum muda harus menjadi sumber gagasan, mampu bersaing tinggi berinovasi dan bekerjasama dalam tim” ucapnya.

Radikalisme dan intoleransi bukan sekedar isu melainkan realitas yang dihadapi oleh masyarakat. Maka kaum intelektual muda harus menjadi garda terdepan untuk melakukan tindakan pencegahan dengan edukasi nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia yang sudah final dan disepakati bersama oleh para founding fathers bangsa dari Sabang sampai Merauke, tambahnya.

Sesuai arah gerak GMPK berjuang dan terlibat bersama kaum marjinal. DPD GMPK DKI Jakarta juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat bersama dalam mengawal segala bentuk situasi dan kondisi bangsa dan negara hari ini.

ACN/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles