Wednesday, May 1, 2024

Mengenal Masakan Bubur Tinutuan

ACTUALNEWS.ID MANADO – Bubur tinutuan adalah nama lain dari bubur Manado. Dari namanya kamu tentu tahu, bubur ini berasal dari Kota Manado, Sulawesi Utara.
Menurut cerita, terdapat sejarah tentang terciptanya bubur tinutuan. Dulu keadaan ekonomi masyarakat di Kota Manado sangat susah sehingga mereka sulit untuk membeli makanan.

Untuk mengurangi beban biaya hidup, masyarakat saat itu memasak sayur-sayuran yang ada di sekitar rumah dan mencampur dengan sedikit beras, lalu dimasak hingga beras menjadi bubur. Jadilah bubur tinutuan yang kita kenal saat ini.
Bubur tinutuan saat ini tidak hanya menjadi milik orang Manado.

Hal ini dapat dibuktikan dengan keberadaan bubur tinutuan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi untuk menikmati semangkuk bubur tinutuan, kamu tidak perlu pergi ke Manado. Bubur tinutuan terbuat dari campuran beras, ubi, labu kuning, dan jagung manis, serta sayuran berupa daun melinjo muda, bayam, daun kangkung, dan daun kemangi. Bumbu yang digunakan adalah garam, sereh, daun bawang, dan daun kunyit.

Bubur tinutuan dapat diberi pelengkap ikan asin dan sambal dabu-dabu bagi yang menyukai pedas. Ikan asin yang digunakan adalah ikan asin jambal yang dipotong dadu kecil-kecil, dicuci, lalu digoreng hingga kering. Untuk sambal dabu-dabu bahannya adalah cabai rawit merah, cabai rawit kecil, bawang merah, dan tomat semuanya diiris kecil, lalu dicampur air jeruk nipis, dan garam.

ACN/Red

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles