Monday, May 6, 2024

Prokes Tetap Berjalan Meski PPKM Level 1 Di Jakarta Barat

ACTUALNEWS.ID, Jakarta – Walau DKI Jakarta sudah level 1, protokol kesehatan ketat tetap menjadi perhatian bagi relawan GA kebaikan (Gerakan Anti) Covid 19 Jakarta.

Dalam penerapan PPKM level 1 dipastikan jumblah pengunjung ditempat keramaian sekitar 75% dari sarana fasilitas yang ada. Namun, masih ada saja warga yang lalai tidak memakai masker.

Perlu diketahui, penerapan prokes disarana umum harus wajib menyiapkan, tempat cuci tangan, sabun, handsanitaiser, masker dan jaga jarak, dalam hajatan atau pesta pernikahan, sebagai contoh, apa yang dilakukan pak Rw 07, Kelurahan Wijaya Kusuma, Kec Grogol Petamburan, jakarta barat, dimana beliau mengadakan hajatan Khitanan anaknya, tetap saja menerapkan Prokes.

“Hasil penerapan prokes secara umum di lokasi hajatan khitanan sudah cukup baik. Artinya masyarakat sudah cukup sadar perlunya prokes. Dari seluruh tamu yang di undang mematuhi prokes hanya 3 orang saja yang lupa memaki/membawa masker. Kami (GA C-19) sebagai panitia prokes sudah mempersiapkan masker,” hal ini diceritakan Tatang. S, Ketua GA Covid-19 Jakarta Barat yang juga panitia di khitanan, Sabtu, 13/11/2021.

Lebih luas lagi Tatang menambahakan, hasil penilaian prokes, baik hajat (pesta warga), cafe, dan tempat/fasilitas umum secara prokes dijakarta barat hampir semuanya di patuhi, termasuk hajat di sini.

“Secara umum jakarta barat warganya mematuhi prokes, sehingga angka penyebaran melandai,” ucap Tatang.

Sementara itu, Camat Grogol Petamburan, Didit mengatakan, landainya penyebaran covid-19 di wilayahnya disebabkan kesadaran masyarakat yang cukup tinggi di samping gencar-gencarnya satgas covid-19 bersama stageholder, relawan, termasuk GA C -19 tidak henti-hentinya memberikan penyuluhan sampai ke lorong gang bersama Rt,Rw,FKDM,LMK selama hampir 1tahun 5 bulan.

“Kebersamaan bersama selama 1 tahun 5 bulan memberikan penyuluhan prokes, “Testing, Tracing, dan Treatment” ke lorang gang di 7 kelurahan akirnya membuat tinggi kesadarannya,” tutur didit.

Didit juga menambahakan, sampai saat ini Prokes dan program faksinasi di kecamatan cukup berjalan baik sehingga kecamatan grogol petamburan masuk zona hijau dalam program faksinasi,” terannya kembali.

Saat bersamaan, Ipung, Ketua Rw 07 Kelurahan Wijayakusuma, Grogol Petamburan mengungkapkan, Kami selalu memberikan penjelasan tentang prokes dan program vaksinasi, bila ada warga saat ini yang mau pesta/hajat silahkan saja tapi diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.

“5M tetap harus diterapkan meski PPKM level 1. Jangan lengah Covid selalu datang tiba-tiba tanpa kita sadari, ” pesan ipung.

ACN/Rbt/Red

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles