Sunday, May 19, 2024

LMK Cipete Utara Hadirkan Kabag Pemerintahan Jakarta Selatan Martin Sunardi, S.E Dalam Acara Sambung Rasa

ACTUALNEWS.ID, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan – LMK Cipete Utara periode 2021-2024 Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan 1443 H, mengadakan acara Sambung Rasa, dengan mengundang Para Ketua Rt/Rw dari tiap-tiap RW, PKK, Karang Taruna dan FKDM yang ada di wilayah kelurahan Cipete Utara. Dari unsur Pemerintah Kelurahan hadir Lurah Cipete Utara, Sekkel, Kasi Pemerintahan, Kasiekbang, Kasikesra, Bhabinkamtibmas dan Kaspol PP.

Acara Sambung Rasa yang digagas dan diinisiasi oleh LMK juga menghadirkan para Pembicara dari Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Camat Kebayoran Baru. Diantaranya Kepala Bagian Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan Bp. Martin Sunardi,SE, Wakil Camat Kecamatan Kebayoran Baru Iswahyudi, Dewan Kota Kota.

” Dalam sambutannya Ketua LMK Kelurahan Cipete Utara (Burhan Saidi) menyampaikan Acara Sambung Rasa ini mengangkat Thema: “Dengan Kebersamaan, mari kita jadikan wilayah kita menjadi wilayah yang Tertib, Aman, tentram dan damai, menuju pada Maju Kelurahannya dan bahagia warganya” Disamping itu tujuan diadakannya acara hari ini, merupakan bagian dari Tugas dan fungsi LMK yang tertuang didalam Perda 5 Thn 2010 khususnya pasal 11. Dimana LMK Membantu Kelurahan dan berperan sebagai Mitra kerja Lurah dalam menjalankan Roda Pemerintahan di kelurahan Cipete Utara. Disisi lain, LMK juga merupakan Mitra Rt/Rw dan kepanjangan tangan dari masyarakat.

” Milihat dari posisi LMK, yang berada ditengah-tengah, ke Pemerintah bermitra dengan Lurah, ke masyarakat bermitra dengan Rt/Rw. Tentunya LMK tidak akan bisa melakukan apapun dan berbuat sesuai dengan tupoksinya bila kedua mitra kerja tersebut tidak saling sejalan dan berjalan sesuai dengan Aturan dan Peraturan yang ada, seperti Perda, Pergub dan Ingub.
Burhan juga mengajak semua yang hadir untuk bersepakat dan memiliki persepsi yang sama dterhadap persoalan dan menjadi prioritas untuk diselesaikan.

Diantaranya masalah Pelayanan kepada masyarakat, masalah Kriminalitas (Penyalahgunaan narkoba, Tawuran dan kenakanalan remaja), masalah Komunikasi antar Lembaga baik itu LMK, Rt/Rw, PKK, Karang Taruna, FKDM dengan Lurah berserta jajaran, dan masalah masyarakat lainnya, seperti kasus sengketa tanah, pembangunan serta peningkatan sarana umum dll.
Dengan diadakannya acara Sambung Rasa antara Lembaga masyarakat dan pemerintah khusunya Lurah dan jajaran.

Diharapkan kedepannya dapat bersinergi dan saling memahami peran dan fungsi masing-masing sesuai tupoksinya.

Disisi lain, kehadiran Dewan Kota Jakarta Selatan (H. Muchlis) dalam acara sambung rasa ini menjadikan susana acara santai dan mencair namun tetap fokus. Beliau menyampaikan bahwa, apa yang dilakukan oleh LMK ini suatu hal yang positif dan patut diberi apresiasi. Karena mampu menjadi wadah penyambung dan menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pemerintah secara langsung.

Dalam sambutannya Wakil Camat Kebayoran Baru (Iswahyudi) menitik beratkan perhatian kepada Lembaga masyakarat untuk berjalan sesuai dengam tupoksi masing-masing yang tertuang didalam Perda dan pergub. LMK merupakan mitra lurah dan penyambung aspirasi masyarakat kepada lurah diharapkan benar-benar bekerja secara optimal.

” Beliau juga mengapresiasi acara sambung rasa ini, yang dapat mengkolaborasikan unsur masyarakat diantaranya Dewan Kota, LMK, Rt/Rw, PKK, Karang Taruna, dan FKDM dengan pemerintah, khususnya kelurahan. Dan berharap dengan seringnya kita berdiskusi, dapat menghilangkan kebuntuan dan kesenjangan informasi, serta mampu menyelesaikan persoalan yang terjadi di masyakarat secara bersama-sama.

” Selanjutnya Kepala Bagian Pemerintahan (Martin Sunardi,SE) mengkroscek kehadiran para ASN yang ada di Kelurahan Cipete Utara. Karena beliau mendengar, masih ada anak buahnya yang tidak mensupport kegiatan positif yang dilakukan oleh LMK ini. Padahal ini moment yand sangat penting, guna mendengarkan langsung permasalahan yang dihadapi oleh tokoh masyarakat, kok malah mau menghindar.

” Beliau juga berpesan, agar semua berpegang teguh menjalankan tupoksinya sesuai aturan dan peraturan yang ada. Dalam pertemuan tersebut secara tegas (Markin) meminta Lurah untuk mencatat dan memberikan perhatian khusus terkait harpan-harapan yang nanti disampaikan dalam acara sambung rasa ini.

” Beliau juga mendorong agar masyarakat menggalakkan kegiatan berolah raga, karena Walikota kita Bpk. Munjirin itu gemar berolah raga, seperti, Bola kaki, bulu tangkis, volley, sepak takrau, bersepeda, dll.
Dewan Kota H. Muchlis yang didaulat sebagai Moderator jalannya diskusi antara para tokoh masyarakat dan pemerintah mampu membawa suasana dalam keakraban dan kebersamaan.

Beliau menyampaikan bahwa kita dalam diskusi ini, lebih mengedepankan harapan daripada kita banyak pertanyaan namun tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Artinya ketika para tokoh masyarakat sudah menyampaiakn harapannya, tentunya kewajiban pemerintah dalam hal ini Kepala Bagian Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan untuk menindaklanjutinya kepada para jajaran dibawahnya.

” Wakil Ketua LMK Sutopo Nugroho menegaskan harapannya khususnya kepada Lurah, agar dapat menggunakan Bahasa yang santun dan menghormati Lembaga, tidak arogan sebagai pamong dan merasa berkuasa. Disisi lain, Ketua Rw 07 G. Eko Raharjo menyampaikan, bahwa para pejabat pemerintah di kelurahan ini harus memberi contoh kepada kami para Rt/Rw aga rmnejalankan tugas dan fungsinya sesuai aturan yang ada seperti Perda, Pergub, Ingub dan surat edaran pemerintah, Jangan semaunya sendiri tanpa mengikuti aturan yang ada, sehingga menimbulkan persoalan di masyarakat.

Disisi lain Ketua Rw 10 Arief Rachman mendorong agar pemerintah juga6 memperhatikan kondisi kebiasan atau adat istiadat masyarakat setempat, dibanding bicara tuposki yang tertuang dalam perda dan pergub, namun mengbaikan kearifan local. Ketua Rt/Rw 01/011 menyampaikan agar kelurahan dalam memberi informasi ke para Rt/Rw itu info yang valid. Selain itu, mohon kami para Rt dibekali SOP pelayanan di kelurahan ini, agar kami bisa menyampaikannya kepada warga kami. Atas nama PKK, juga berharap agar Kelurahan bisa memberikan tugas kepada kami, khususnya dasa wisma sesuai dengan tupoksinya, sehingga dawis dapat menjalankannya.

” Agar tidak menimbulkan masalah kami dengan para ketua Rt/Rw ungkap perwakilan PKK. Dalam kesempatan ini, Ketua Karang Taruna Cipete Utara Abdul Majid Nurdin menyampaikan harapannya khususnya kepada para ketua Rw, agar dapat membantu mendorong pembentukan Karang Taruna unit tingkat Rw. Nurdin juga memohon agar lurah segerap memfasilitasi kesekretraiatan untuk Karang Taruna Kelurahan, karena sampai acara ini, kami belum punya kesekretariatan untuk menjalankan kegiatan kami.

Diujung acara Sambung Rasa, Ketua LMK Burhan Saidi mengingatkan kembali agar kita memahami betul tugas dan fungsi kita sesuai aturan yang ada, serta focus kepada persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

Dan mencarikan solusi penyelesaiannya7 secara bersama-sama, sehingga warga benar-benar merasakan manfaat atas keberadaan semua Lembaga masyarakat dan pemerintah khususnya kelurahan. Juga ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensupport acara Sambung Rasa yang digagas oleh LMK.

” LMK juga memberikan Sertifkat Penghargaan kepada Para Nara Sumber dan Moderator, Kabag Pemerintahan Jakarta Selatan Bp. Martin Sunardi,SE, Camat Kebayoran Baru (Tomy Fudihartono, S.Sos) diwakilkan oleh Wakil Camat, Dewan Kota Jakarta Selatan (H. Muchklis) dan juga kepada Bank DKI yang ikut berpartisipasi dan juga memanfaatkan moment ini, untuk menyampaikan beberapa program Bank DKI, yang diwakili oleh Daulay Yusuf Harahap. Acara ditutup dengan menyempatkan saling memaafkan dan dilanjut dengan sesi foto bersama.

Jurnalis : (Edo Lembang)

ACN/Edo/Red

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles