Friday, May 17, 2024

LMK Cipete Utara Ajak Pemerintah Giat Tarawih Keliling Selama Bulan Ramadhan 1443 H

ACTUALNEWS.ID, Kebayoran – Jakarta Selatan, Memasuki Ramadhan 1443 H/2022 LMK Kelurahan Cipete Utara yang diketuai oleh Burhan Saidi bersama Anggota LMK lainnya, mengadakan Tarawih keliling ke Mesjid dan Musala yang ada ditiap-tiap Rw. Kelurahan Cipete Utara yang memiliki 11 Rw dan 103 Rt merupakan wilayah terluas dan penduduk terpadat kedua di Kecamatan Kebayoran Baru setelah Gandaria Utara.

Kegiatan Tarawih Keliling LMK atau disingkat Tarling LMK 1443H/2022 ini merupakan kelanjutan dari Kegiatan Sambung Rasa, yang sebelumnya diadakan pada bulan Maret 2022 antara Tokoh Masyarakat seperti Rt, Rw, PKK, Karang Taruna dan FKDM bersama Aparatur Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, Camat Kecamatan Kebayoran Baru dan Lurah beserta jajaran. Nah, tarawih keliling ini dimaksudkan untuk menyambungkan Pemerintahan atau ASN yang ada di wilayah dengan Para Ulama, Tokoh Agama dan masyarakat yang melaksanakan Tarawih selama Ramadhan.
LMK adalah merupakan fasilitator, katalisator dan dinamisator antara pihak pemerintah dan masyarakat. Diharapkan, dengan diadakan Tarling ini, masyarakat dapat menyampaikan secara langsung aspirasi atau harapan-harapan mereka kepada pihak pemerintahan yang hadir dalam setiap Tarling tersebut.

Begitu juga, Pihak Pemerintah khususnya Lurah dan jajaran dapat mendengarkan langsung dari masyarakat, tekait aspirasi mereka yang mungkin selama ini belum dapat tersalurkan.
LMK Kelurahan Cipete Utara dalam kegiatan Tarling ini telah menyusun jadwal selama 11 malam.

” Dalam kegiatan ini LMK juga mengundang Pejabat Pemerintahan seperti Walikota Jakarta Selatan Bpk. Munjirin, S.Sos., SIP, Camat kecamatan Kebayoran Baru Bpk. Tomy Fudihartono,.S.Sos., MSi, Dewan Kota Jakarta Selatan H., Muchlis Djuniarsah, Amd, Lurah Kelurahan Cipete Utara, Rt/ Rw yang berketepatan untuk dapat hadir ditengah-tengah masyarakat.

Mengingat jadwal Pak Walikota, Camat dan Lurah yang begitu padat, tentunya LMK menyerahkan sepenuhnya kepada beliau-beliau untuk kehadirannya, Sementara itu, Dewan Kota Jakarta Selatan Bpk. H. Muchlis Djuniarsah, sejak awal bergulirnya Tarling LMK di Kelurahan Cipete Utara turut serta mendamping, mensupport dan membersamai kegiatan yang positif ini.

Alhamdulillah, dihari yang kedelapan, pelaksanaan tarling ke wilayah Rw 08 di Mushola Al Mujahidin Jl. Damai Raya Kelurahan Cipete Utara dihadiri oleh Camat Kecamatan Kebayoran Baru Bpk. Tomy Fudihartono berserta jajaran. Dalam sambutannya sebelum pelaksanaan Sholat Witir, Camat Kebayoran Baru menyampaikan berbagai informasi kepada para Jemaah yang hadir.

Disesi akhir sambutannya, beliau juga memberikan Bantuan dari Baznas/Bazis kepada Ketua DKM Musala Al Mujahidin H. Mustofa. Pemberian Bantuan tersebut disaksikan oleh Dewan Kota Jakarta Selatan H. Muchlis Djuniarsah, Lurah Kelurahan Cipete Utara Ibu Nurcahya.S.Sos., Kasipem Bpk. H. Rachmat Amin. S.Ars, Kasi Kesra Ibu Sri Badriyah.Amd, Ketua LMK Cipete Utara Burhan Saidi, Dewan Penasehat Forum LMK Kecamatan Bpk. Muslihar dan ketua Forum LMK Kecamatan Bpk. Suharno, dan Ketua LMK Kelurahan Pulo Bpk. Zubair beserta anggota LMK lainnya, Sutopo Nugroho Wakil Ketua LMK Kelurahan Cipete Utara, Ahmad Mulyadi LMK Rw 06, Edy Hartono LMK Rw 04, M. Nuh LMK Rw 03, Syarif Hidayatulloh LMK Rw 10, H. Hamdani LMK RW 11 dan Endang Utami LMK Rw 08 yang merupakan tuan rumah.

” H.Asnawi LMK Rw 05, Mulani Bambang Hermawan LMK Rw 09 dan Heldi LMK Rw 02 juga hadir dalam kesempatan Tarawih keliling diwilayah lainnya.

Hadir juga sebagai penceramah dan Imam dalam pelaksanaan sholat tarawih di Rw 08 yang dilaksanakan pada hari Jum’at (15/04/2022), Ustadz Drs. H. Abdul Halim Mursyd.

Ketua DKM Musala Mujahidin H. Mustofa juga menerima Cenderamata dari LMK berupa Al Qur’an produksi Negara Turki dan Makanan ringan untuk marbod yang merupakan sumbangan dari ACT Jakarta Selatan guna mensupport kegiatan Tarawih Keliling LMK.

Perjalanan Tarawih Keliling yang diinisiasi oleh Ketua LMK Burhan Saidi bersama anggota LMK lainnya tidaklah semudah yang dibayangkan oleh banyak orang. Terlihat sederhana memang, namun tetap saja banyak pihak yang merasa kegiatan tersebut kurang bermanfaat. Namun berkat dorongan Dewan Kota Bpk. H. Muchlis, yang terus memberikan semangat agar LMK Kelurahan Cipete Utara tetap menjalankan program yang telah disusun tersebut.

H. Muchlis selaku Dewan Kota menyampaikan dalam sambutannya bahwa Kegiatan Tarawih keliling LMK ini, patut didukung dan diberikan apresiasi. Karena hal ini adalah merupakan ikhtiar LMK Cipete Utara dalam rangka optimalisasi tugas pokok, fungsi dan perannya sebagai lembaga penampung, penggali dan penyalur aspirasi warga masyarakat kelurahan kepada pihak pemerintah.

LMK telah mampu menjembatani ruang kosong yang selama ini jarang sekali dimanfaatkan oleh LMK – LMK lainnya. Dengan kegiatan ini, LMK mampu menghadirkan Pejabat Pemerintahan khususnya Lurah dalam setiap kunjungan Tarawih Kelilingnya.

Hal yang menarik adalah setelah pelaksanaan Tarawih, acara juga dilanjutkan dengan diskusi santai antara Ulama, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Jemaah dengan Para pejabat yang hadir. Salah satu contoh, kehadiran Bapak Camat Kebayoran Baru, dimanfaatkan oleh Ketua DKM Mushola Al Mujahidin H. Mustofa untuk menyampaikan persoalan yang dihadapi oleh Musholah tersebut.

Dimana beliau menyampaikan bahwa sampai saat ini status Mushola masih belum jelas ketika terjadi tukar guling dengan Pengembang Apartemen Essen. Beliau selaku Ketua DKM bingung, bagaimana cara mengurus surat-surat dan sertifikasi wakaf Musala tersebut. Alhamdulillah, Bapak camat, langsung memberikan arahan dan memerintahkan Kasi Pemerintahan Kelurahan H. Rachmat Amin S.Ars untuk membantu dan memfasilitasi penyelesaian permasalahan tersebut.

Dalam setiap sambutannya, Ketua LMK juga menyampaikan berbagai program Pemerintah DKI Jakarta khususnya Kelurahan Cipete Utara, dan juga memperkenalkan Kelembagaan LMK, yang mungkin selama ini masih banyak masyarakat belum memahami peran dan fungsi LMK.

” Burhan menyampaikan bahwa LMK adalah representative dari warga dan tokoh masyakarat yang duduk di Kelurahan untuk membantu Lurah dan warga dalam mencarikan solusi dari setiap permasahan dan tantangan yang ada di tengah – tengah masyarakat. LMK merupakan mitra Lurah dalam kegiatan pemerintahan sehari – hari, sehingga LMK dapat menjadi penyambung aspirasi masyarakat kepada Lurah.

Yang mungkin selama ini masyarakat hanya mengenal Rt/Rw, yang merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah khusunya Lurah, dalam kegiatan pemerintahan. Nah, Rt/Rw itu structural dan jalurnya langsung dibawah Lurah, sehingga keberadaan mereka lebih kepada administrasi dan eksekusi setiap program dari pemerintah. Sehingga Rt/Rw tidak bisa menolak atau tidak menjalankan berbagai program pemerintah yang diintruksikan kepadanya, yang tentunya disesuaikan dengan aturan – aturan yang ada seperti Perda, Pergub dan Surat Edaran dari Pemerintah. Sementara LMK memiliki peran yang lebih sehingga dapat memberi masukan dan menyampaikan aspirasi masyarakat secara langsung kepada Lurah, Burhan juga berharap, dengan diberikannya pemahaman tentang LMK, kedepannya masyarakat dapat lebih memahami peran dan fungsi LMK. Sehingga peran LMK benar – benar dapat dirasakan oleh masyarakat, jadi bukan sekedar jabatan seremonial yang tak memberi manfaat untuk masyarakat maupun pemerintah.

Pelaksanaan Tarawih Keliling LMK Kelurahan Cipete Utara dimulai sejak Hari kamis, (7/04/2022) dan direncanakan berakhir pada hari Selasa (19/04/2022), tepatnya 17 Ramadahn 1443H.

Dimana di hari pertama Rw 01 di Mesjid Al Amjad, hari kedua Rw 02 Mesjid Nurul Yakin, hari ketiga Rw 03 Mesjid Al Hidayah, hari keempat Rw 04 Musala Al Mu’in, hari kelima Rw 05 Mesjid Al barkah, hari keenam Rw 06 Mesjid Nurul Mujahidin, hari ketujuh Rw 07 Mesjid Al Amin, hari kedelapan Rw 08 Musala Al Mujahidin dan hari kesembilan Rw 09 di Musala Arrasidin, hari kesepuluh Rw 10 Musala Al Mujahidin dan hari terakhir Rw 011 Mesjid An Nur.

Harapan Ketua dan Anggota LMK disisa jadwal Tarawih Keliling LMK Kelurahan Cipete Utara nantinya dapat dihadiri oleh Walikota Jakarta Selatan Bpk. Munjirin.S.Sos.,SIP.Mengingat kehadiran Bpk. Walikota sangat diharapkan oleh para Ulama dan Tokoh Masyarakat serta warga Cipete Utara guna menyambung silaturrahmi yang sebelumnya pernah dilakukan ketika beliau masih menjabat sebagai Sekko Kota Administrasi Jakarta Selatan. Syukur-syukur Bapak Gubernur Anies Baswedan juga bisa hadir, karena LMK Kelurahan Cipete Utara juga mengundang pak Gubernur dalam kegiatan Tarawih Keliling LMK ini, ungkap Burhan menutup pembicaaran dengan awak media.

Reporter : (Edo Lembang)

ACN/Edo/Red

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles