Saturday, May 4, 2024

Ditemukan Pabrik Pewarnaan Batik Tak Penuhi Standar IPAL, FLI Konsisten Peduli Lingkungan Hidup

ACTUALNEWS.ID, Jakarta — Keberlangsungan lingkungan hidup yang terawat dan lestari merupakan masa depan kehidupan manusia. Eksistensi manusia bergantung pada ekologi dan ekosistem. Apa jadinya ekologi dan ekosistem hancur dan rusak maka eksistensi manusia bisa terancam bahkan punah.

Forum Lestari Indonesia (FLI) berinsiatif dan konsisten dengan isu-isu lingkungan hidup. Mengapa? karena isu lingkungan hidup sangat strategis dan penting untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Pada hari Rabu (03/03/2022) FLI melakukan monitoring di Kel. Pasir Bolang, Kec. Tigaraksa, Kab. Tangerang. Dalam tugas monitoring tersebut tidak sia-sia dan membuahkan hasil. Ditemukan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang tidak sesuai ketentuan milik sebuah pabrik pewarnaan batik.

“FLI menyampaikan dampak kandungan kimia dan limbah industri pewarna batik tersebut secara kasat mata dialirkan langsung ke sungai di belakang pabrik sehingga dapat mengakibatkan dan meninggalkan kerusakan lingkungan. Hal itu bisa berpotensi fatal bagi kehidupan masyarakat sekitar” ujar Abdul Manap, selaku Koordinator Divisi Pencemaran Lingkungan Tim FLI, di Tangerang, Rabu (03/03/2022).

Sementara pada saat monitoring salah satu penjaga pabrik yang enggan disebutkan namanya mengaku menggunakan obat untuk menjernihkan limbah hasil pewarnaan sehingga limbah tidak diolah menggunakan IPAL.

FLI pun langsung menginformasikan temuan ini dan membuat pengaduan online ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan Nomor Pengaduan: #220114.

ACN/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles