Saturday, May 18, 2024

Yayasan JELAJAH BUMI NUSANTARA Bekerjasama dengan PT. SIMAR ALAM BERKAH untuk Bersinergi dalam Program “PETANI MILENIAL”

ACTUALNEWS.ID Bandung -Dalam rangka pelaksanaan program Yayasan JELAJAH BUMI NUSANTARA (JBN) yang bekerjasama dengan PT. SIMAR ALAM BERKAH (Produsen pupuk hayati ber- Merk BERTI PLUS di Bandung) akan berupaya untuk bersinergi dengan program PETANI MILENIAL yang telah dicanangkan oleh Bapak Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat. Dalam hal ini sebagai pelaksana program adalah PT. AGRO JABAR salah satu perusahaan yg didirikan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa barat, Selasa (25/07).

Pihak yayasan JBN berharap agar dapat bersinergi dalam program PETANI MILENIAL dengan beberapa usulan program yang akan disampaikan, salah satunya adalah pemanfaatan lahan-lahan tidur di wilayah Jawa barat khususnya Kabupaten Bandung, baik milik swasta maupun pemerintah agar dapat dimaksimalkan menjadi lahan produktif yang lebih bermanfaat untuk petani.

Seperti halnya di wilayah Kecamatan soreang Kabupaten Bandung, masih banyak lahan milik Pemerintah atau Pemda Kabupaten Bandung atau milik pengembang (Developer) yang belum tergarap secara optimal. Pihak yayasan JBN sedang mencoba melakukan investigasi di lapangan apa yang menjadi masalah para petani sehingga kurang termotivasi untuk melakukan pemanfaatan lahan-lahan yang tersedia. apakah disebabkan oleh hak garap atau administrasi, permodalan atau juga jalur distribusi hasil panen hal ini yg sedang diteliti oleh pihak yayasan JBN.

Pihak yayasan JBN sendiri sedang melakukan koordinasi dangan pihak-pihak terkait yang memiliki kewenangan seperti Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, BUMD, PT. AGRO Jabar dan instansi pemerintahan terkait lainnya yang berwenang di wilayah Provinsi Jawa barat.

Dalam kesempatan kali ini Ahmad Sastra ketua yayasan JBN mengungkapkan “Kami sedang mencoba berkoordinasi dengan stakehoulder yang ada di Pemerintahan provinsi Jawa barat untuk agar dapat bersinergi dengan program Ridwan Kamil yaitu PETANI MILENIAL agar dapat berjalan secara optimal, karena Petani Milenial ini dijadikan sebagai target utama dan penting untuk mendongkrak kualitas sumberdaya manusia di bidang pertanian, dimana dalam program ini memiliki tujuan utama, yakni untuk menumbuh kembangkan kewirausahaan muda pertanian dan mensejahterakan kehidupan di Indonesia,
“ungkap Ahmad Sastra.

Ditambahkan juga oleh direktur PT. SIMAR ALAM BERKAH Kokom Komalasari dengan memaparkan, “Kerjasama pihaknya dengan yayasan JBN yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah pada sektor pertanian dengan mendistribusikan pupuk hayati untuk meningkatkan hasil produksi petani dengan harga yang terjangkau kepada petani, bahkan tidak hanya itu disamping meringankan petani, pupuk kami juga selalu menjaga fungsi lingkungan hidup pada lahan pertanian, karena diproduksi dengan bahan-bahan alami dan tidak terkontiminasi oleh bahan kimia, setidaknya Kami tidak hanya mementingkan kepentingan bisnis semata, selain dapat memberikan hasil terbaik untuk petani akan tetapi tetap menjaga kelestarian alam secara berkesinambungan” pungkasnya.

ACN/MELLY/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles