Sunday, May 19, 2024

Sinergi Kolaborasi Dalang (Daur Ulang) Bersama Waste4Change Dalam Program Gradasi Sedekah Sampah Seluruh Masjid di Indonesia

ACTUALNEWS.ID, Jakarta, 3 kali bertemu dan bersinergi kolaborasi di 3 acara dalam 1 minggu berturut – turut terkait tentang pengolahan daur ulang Sampah – ekonomi sirkular. Pertemuan kita ini karena kita sama – sama punya kepedulian terhadap lingkungan hidup yang bersih sehat indah dan bermanfaat, jadi awal percakapan Rizki Ambardi dari Waste4change bersama Ade Gunawan – Wartawan peduli Lingkungan dari Dalang Beriman ( Daur Ulang Bersih Indah Manfaat) yang juga bertugas sebagai perwakilan PT. Humindo Mega Pratama sebagai Business Development Network.

Pertemuan awal terjadi pada saat waste4change menggelar acara jurnalist class di dapoer ciragil pada tanggal 06 April 2023. Alhamdulillah lebih dari +/- 30 orang jurnalis yang hadir dan berdiskusi dalam acara ini dan acara ini diselenggarakan dan disponsori tunggal oleh waste4change dan Bang Ade Gunawan bersama Muhammad Lutfi juga hadir dan kita saling bertemu serta terjadi obrolan yang luar biasa terkait tata kelola pengolahan daur ulang Sampah & ekonomi sirkular dalam diskusi bersama, ulas rizki.

Saat kampung ramadhan MRBJ (Masjid Raya Bintaro Jaya) menggelar acara pada tanggal 08 April 2023 yang bertema ” Gaungkan Kampanye Ramadhan Penuh Berkah: Kolaborasi dan Inovasi Dalam Mendorong Ramadhan Berkah Minim Sampah & Ceramah Agama Bertema Lingkungan ” , nach acara inilah kami juga ikut berpartisipasi dan dalam acara ini juga yang jadi pertemuan kedua kita, saya mewakili waste4change dan Bang Ade Gunawan mewakili Dalang – PT. Humindo Mega Pratama dan ripinberiman. Acara Kampung Ramadhan merupakan dampak positif untuk kita semua saling mengenal lebih inten dalam menjajaki visi misi saya – waste4change dan Bang Ade Gunawan – Dalang , PT. Humindo Mega Pratama dan ripinberiman.id. Pada acara ini waktu kita lebih panjang hingga bisa saling tukar dan saling tambah informasi terkait pergerakan komunitas dan entitas perusahaan yang peduli lingkungan untuk mengolah dan mendaur ulang Sampah mulai dari diri sendiri, keluarga dan seterusnya. Apalagi saat stand kami dari waste4change dan dalang – PT. Humindo Mega Pratama yang kebetulan bersebelahan dikunjungi Direktur Public Affairs, Communications & Sustainability Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) – ibu Lucia Karina yang nambah motivasi yang menguatkan saya dan bang Ade Gunawan serta komunitas peduli lingkungan lainnya untuk terus semangat saling bersinergi & berkolaborasi memberikan solusi permasalahan Sampah dan peduli lingkungan di Indonesia, jelas Rizki Ambardi kepada awak media.

Dan pada hari selasa tanggal 11 April 2023 kami bertemu kembali, ya saya dan bang Ade Gunawan saat acara nasional gradasi (gerakan sedekah sampai Indonesia) dalam rangkaian gebyar ramadhan minim sampah yang diselenggarakan di masjid istiqlal Jakarta. Saya dan Bang Ade Gunawan sepakat bahwa :

  1. Sinergi kolaborasi profesional khusus untuk para penggiat kepedulian lingkungan dan pengolahan daur ulang Sampah perlu terus dikembangkan

2.Sinergi Kolaborasi jurnalis atau media maupun stake holder lainnya bisa bersama sama mendorong terus sosialisasi dan edukasi terkait kebijakan maupun peraturan hukum ataupun perundang-undangan yang benar – benar utuh, kongkrit dan dapat dilaksana secara mudah dan riil oleh semua lapisan masyarakat.

  1. Sinergi kolaborasi mendukung dan mendorong sumber dana pembiayaan pengolahan & daur ulang sampah bersama semua pihak.

Ya, alhamdulillah saat acara gradasi gebyar ramadhan minum sampah pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia menggandeng semua stake holder khususnya para tokoh antar umat beragama hadir dalam acara ini, begitu juga pihak perwakilan dari MUI, beberapa duta besar negara lain , UNDP dari United Nations (PBB) development Programe dan beberapa perusahaan seperti Danone – Aqua serta lainnya. Semuanya asik, seru dan penuh semangat untuk peduli lingkungan dan mendorong harmonisasi sinergi kolaborasi semua kalangan dan lapisan masyarakat. Pesan penting juga disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal – Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA yang juga konsen bahwa kebersihan adalah bagian dari iman dan kebersihan diri serta lingkungan harus dikerjakan dan lakukan bersama – sama mulai dari diri kita, keluarga, lingkungan dan bangsa Indonesia yang kita cintai bersama, jadi penutup obrolan Rizki ambardi bersama awak media.

ACN/AG/DD/Red

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles