Thursday, April 25, 2024

Sertijab Komite SMA Negeri 9 Depok Periode Tahun 2022-2024 Sukses dan Lancar

ACTUALNEWS.ID DEPOK Dinas Pendidkan Cabang Dinas Pendidikan wilayah II Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Depok melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) untuk Komite periode tahun pelajaran 2022-2024 yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Dr. Lely Ersastri, M.Pd didampingi Wakasek Kesiswaan Dr. Teguh Slamet Wahyudi, M.A, M.Pd, M.Ud, Wakasek Sarpras Heryana, M.Pd, Wakasek Humas Firmasyah, S.S, serta Humas Aprilia Ayu Damayanti, M.Pd. Acara Sertijab ini dimulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai di Gedung Laboratorium Fisika SMA Negeri 9 Depok. Jumat (30/09).

Setelah penanda tanganan Surat Serah Terima Jabatan oleh Ketua Komite periode 2021-2022 Kombes (Pol) Cucuk Trihono, Ketua Komite terpilih Periode 2022-2024 Achmad Zarkasih, M.Pd, serta Kepala Sekolah Dr. Lely Ersastri, disaksikan para pengurus Komite yang hadir dan para pendamping Wakasek SMAN 9 Depok. Kemudian Kepala Sekolah menyerahkan SK Pengurus Komite kepada seluruh Pengurus yang hadir dalam Acara Sertijab ini.

Namun sebelum diserahkannya SK Pengurus Komite Periode 2022-2024 Kepala Sekolah membacakan perubahan SK No.421.3/0228/1/SMAN9/2022 tentang Restrukturisasi Pengurus Komite, setelah menimbang, mengingat dan memutuskan Dr. Lely Ersastri, M.Pd menyampaikan, “Pertama, Menunjuk nama nama yang telah diputuskan dalam daftar kepengurusan Komite SMA Negeri 9 Depok. sebagaimana tersebut dalam lampiran keputusan ini.

Kedua, Komite Sekolah bertujuan untuk mewadahi dan menyalurkan aspirasi/prakarsa masyarakat, meningkatkan tanggung jawab, menciptakan Suasana dan kondisi transparan, akuntebel dan demokratis dalam penyelenggaraan / pelayanan pendidikan yang bermutu pada suatu pendidikan.

Ketiga, Komite Sekolah berperan sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrolan dan mediator antara pemerintah dan masyarakat disatukan pendidikan.

Keempat, semua yang berhubungan dengan Kegiatan Komite Sekolah dibayar dari anggaran yang sesuai.

Kelima, Keputusan Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Depok ini berlaku sejak tanggal yang ditetapkan dan diberikan kepada yang bersngkutan untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
“papar dengan sempurna Kepala Sekolah SMAN 9 Depok.

Ketua Komite Periode 2021-2022 Kombes (Pol) Cucuk Trihono dalam sambutannya mengatakan, “Saya sebagai Ketua Komite SMA Negeri 9 Depok periode 2021-2022, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan, ketika kepemimpinan saya sebagai Ketua Komite yang lama, dari awal kepemimpinan saya itu berangkat Dari nol. Sehingga yang saya lakukan saat itu saya sonding sana sonding sini, mencari informasi saya sini tentang komite. Sehingga dari pencarian saya itu akhirnya saya menyimpulkan, memang acuan itu belum ada tetapi saya sampaikan ke rekan rekan pengurus dan kepada Kepala Sekolah, ayuk kita buat acuan dulu tidak sulit itu karena ada yang bisa ditiru dan kita amati yaitu Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART),” papar Cucuk Trihono.

Dan alhandulillah AD/ART itu ada tentu di Sektetariat Komite, dan nanti jika ingin disempurnakan silakan disempurnakan. Pesan saya, ketika itu sudah jadi acuan tolong dijadikan pedoman. Sehingga seiring berjalan nya waktu kita dalam REL meskipun tidak ada kegiatan tapi kegiatan satu atau dua itu masih dalam REL yang sesuai Acuan,” imbuh Ketua Komite periode 2021-2022.

Kombes (Pol) Cucuk Trihono selaku Ketua Komite terdahulu juga menyampaikan Laporan Kegiatan Komite tahun ajaran 2021-2022 serta Analisa dan Evaluasi sebagai saran dan masukan.

(-) Terkesan Kepengurusan Komite hanya formalitas (perlu dibuat efektif).

(-) Belum pernah dilakukan rapat bersama yang melibatkan seluruh pengurus dan pembina.

(-) Rapat bersama sangat penting dilakukan dengan melibatkan keseluruhan (Kondisi SMAN 9 Depok)

(-) Keputusan komite bersifat kolektif kolegial tidak terlaksana (perlu dibuat sistem yang lebih mengikat).

(-) Ketua Komite tidak bisa mengatur guru (AD/ART harus jadi acuan saat giat tertentu perlu dibuat skep kepanitiaan bersama antara komite dengan pihak sekolah).

(-) Ketua Komite tidak selalu ada saat dibutuhkan (perlu atensi ketua komite yang baru, karena merupakan indikasi dari soliditas).

(-) Produk yang ikut disyahkan oleh Ketua Komite tidak semua diketahui perkembangan nya (perlu secara periodik diinformasikan)

(-) Kegiatan yang menggunakan sistem subsidi silang dalam pendanaannya, perlu didasari data yang valid dan diinfornasikan)

(-) Media sosial yang dibentuk sebagai sarana komunikasi dan koordinasi belum termanfaatnya secara maksimal.

Sementara itu Ketua Komite terpilih untuk periode 2022-2024 Achmad Zarkasih, M.Pd dalam sambutannya menuturkan, “Alhamdullah melalui Group WhatsApp yang baru saja dibentuk oleh bu Melly yang berani dan lain sebagainya, sebetulnya saya sudah tua tetapi karena didorong yang muda muda apalagi sekarang bernuansa merah merah (Dress code pengurus.red), katanya kita harus jadi orang yang berani, berani berhasil dan berani sukses. harapannya kedepan semoga SMA Negeri 9 Depok lebih baik dari hari ini. Terimakasih teman teman yang sudah memberikan semangat kepada saya, berikutnya kami mohon SMAN 9 bersama Komite bisa memberikan kontribusi yang baik kami dari Komite kepada SMA Negeri 9 Depok. Saya juga mohon arahan dari bapak Cucuk Trihono selaku Pembina Komite agar nanti dapat intens berkomunikasi dan mohon maaf sekali lagi jika saya nantinya merepotkan,” tutup Ketua Komite Achmad Zarkasih yang bersemangat luar biasa.

Berikut adalah susunan Pengurus Komite Periode Tahun 2022-2024 adalah

KETUA :
Achmad Zarkasih, M.Pd
Wakil Ketua : Hermanto, S.E

SEKRETARIS

  1. Silvianita Meirani, S.Farm.Apt
  2. Eka Aprilia, S.E

BENDAHARA

  1. Hana Thahir

BIDANG HUMAS

  1. Mila Melly
  2. Stella Masaharu, S.So

BIDANG PENGEMBANGAN AKADEMIK

  1. Dra. Maria Ulfah
  2. Karunia Indah Setiawati, SH
  3. Taxi Haryati

BIDANG PENGEMBANGAN SARANA & PRASARANA (SARPRAS)

  1. Wahyuni
  2. Nani Sukmana, S.Psi
  3. Sobari

BIDANG PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)

  1. Carolina Triastuti Handayani, S.E
  2. Jaronah

Selamat bekerja sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) nya untuk seluruh Pengurus Komite periode Tahun 2022-2024 semoga sukses dan berjaya.

(Melly)

ACN/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles