Tuesday, May 7, 2024

Ricuh, Finalisasi Pleno di PPK Tambora Jakarta Barat diprotes saksi Partai dan Caleg

ACTUALNEWS.ID, Jakarta – Saksi partai golkar memprotes terkait perbedaan suara di beberapa Kelurahan di Kecamatan Tambora.

Yudi, saksi partai golkar merasa keberatan terkait hasil rekapitulasi yang kemarin berbeda dengan finalisasi pleno saat ini, bukan hanya itu ia juga menjelaskan adanya perbedaan atau selisi suara di beberapa kelurahan di Kecamatan Tambora.

“Kami keberatan terkait hasil rekapitulasi yang kemarin dengan finalisasi pleno malam ini, ada selisih jumlah suara partai dengan data C 1 yang kami yang miliki di Kelurahan Tanah Sereal, Kelurahan Duri Utara, Jembatan Lima dan Angke,” kata Yudi saat dikonfirmasi, Kamis (29/2/2024), saat finalisasi pengesahan hasil perhitungan di PPK Tambora.

Yudi juga berjanji tidak akan menandatangani hasil di PPK yang rencananya akan diumumkan besok siang.

“Kami tidak akan menandatangani, karena bentuk protes kami tidak ditanggapi,” tegasnya.

Sementara Ketua PPK melalui anggotanya Yura menjelaskan, terkait protes yang dilakukan saksi dari partai Golkar ada ketidaksesuaian hitungan internal dengan perhitungan yang ada di kecamatan.

“Memang mereka protes kepada kami, namun perhitungan itu kan sudah dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kelurahan sampai ke panel. Pada saat itu Golkar juga sudah memberikan saksi. Kalau masalah keberatan tolong berikan alat buktinya apa dan kenapa tidak dilakukan protes saat di panel,” ujar Yura.

Yura juga menolak jika disuruh melakukan perhitungan ulang, yang ia anggap tidak rasional dan tidak dapat dikerjakan karena hari ini mekanisme penetapan hasil suara yang sudah dilakukan 13 hari kerja.

Terkait penolakan tanda tangan yang akan dilakukan pihak saksi menurutnya itu adalah hak para saksi.

“Kalau tidak mau tanda tangan itu hak mereka para saksi, dan terkait masalah arahan untuk protes yang akan diberikan waktu saat finalisasi itu tidak benar. Kami selalu memberikan kesempatan kepada para saksi saat di panel,” teranya kembali.

Protes juga dilakukan caleg Inggard Joshua, ia datang langsung ke Gor tambora dengan membawa bukti suaranya yang hilang sekitar 25 suara.

“Coba bayangkan, hasil dari rekapan C1 yang kami dapat sebelumnya sudah betul, namun setelah mau pleno rekapitulasi hasil akhir suara saya berkurang 25 dan suara caleg Gerindara lainya bertambah. Inikan aneh..?”, ujarnya Politisa P Gerindra pada PPK Tambora.

Perlu diketahui bahwa sesuai jadwal PPK Tambora akan melakukan penandatanganan hasil akhir akan di laksanakan Jumat hari ini sekitar pukul 14.00Wib.

ACN/Rbt/Red

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles