Tuesday, April 30, 2024

Rayakan HDI 2023, SLBN Gunungsitoli: Disabilitas Mampu Berkarya dan Berprestasi

Sumatera Utara – Nias, AktualNewsTanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. Peringatan Hari Disabilitas Internasional dipandang sebagai momentum untuk tetap mengukuhkan semangat kepedulian dan kesetaraan terhadap penyandang disabilitas. Hal ini lah yang juga digelorakan oleh SLB Negeri Gunungsitoli sebagai salah satu motor pendidikan bagi penyandang disabilitas yang ada di Kota Gunungsitoli. Hari Disabilitas Internasional tahun 2023 dirayakan SLB Negeri Gunungsitoli pada hari Sabtu, 9 Desember 2023. Dengan mengusung tema “Penyandang Disabilitas Mampu Berkarya dan Berprestasi”, melalui perayaan ini SLB Negeri Gunungsitoli berharap bahwa kehadiran penyandang disabilitas menuju tatanan dunia yang inklusif, aksesibel dan bersaudara. Tidak ada perbedaan kita dengan penyandang disabilitas, perbedaan tersebut hanyalah merupakan bagian dari keragaman.

Perayaan Hari Disabilitas Internasional tahun 2023 SLB Negeri Gunungsitoli dilaksanakan di Taman Kota Gunungsitoli. Pemilihan lokasi yang merupakan pusat keramaian, merupakan penegasan bahwa penyandang disabilitas juga mampu berkarya dan berprestasi ditengah-tengah masyarakat banyak. Acara ini dihadiri oleh beberapa unsur muspida yang ada di Kota Gunungsitoli yaitu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Wakil Walikota Gunungsitoli, Kapolres Nias, Asisten III Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli, beberapa undangan lainnya.

Dalam laporan dan sambutannya Kepala Sekolah SLB Negeri Gunungsitoli Eka Karsa Suryani Zendrato, S.Pd., mengekspos prestasi-prestasi yang berhasil di raih oleh siswa/i SLBN Gunungsitoli, diantaranya Juara 3 tingkat provinsi kreasi barang bekas, juara 3 tingkat kota gunungsitoli carnaval fashion show, dsb. Prestasi-prestasi ini tentunya menjadi kebanggaan, karena mampu meraih prestasi ditengah keterbatasan yang ada.

Merespon hal tersebut Asisten III Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli FOLATA MENDROFA, S.Pd.SD menyampaikan rasa bangga atas prestasi-prestasi dan perkembangan signifikan yang berhasil di raih oleh SLB Negeri Gunungsitoli. “Saya sangat bangga atas prestasi yang ada dan sangat mendukung SLBN Gunungsitoli dalam setiap rencana kedepan termasuk dalam mengusahakan lahan gedung baru yang layak”, Serunya. Sebaagai mantan kepala sekolah SLB Negeri Gunungsitoli, Asisten III menyampaikan perkembangan signifikan SLB Negeri Gunungsitoli yang telah berhasil diraih.

Sejalan dengan itu, Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.IK dalam sambutannya juga menyampaikan rasa bangga terhadap SLB Negeri Gunungsitoli. “Saya sangat bangga dapat mengikuti acara mulia ini. sayar berharap siswa/i SLB tetap semangat dalam menggapai masa depan cerah”, tuturnya. AKBP Luthfi, S.IK dalam akhir sambutannya mengajak salah seorang siswa SLB Negeri Gunungsitoli an. Romi Albert untuk bernyanyi bersama-sama dengan judul lagu jangan menyerah.

Dalam arahan dan bimbingan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara  Amran Zendrato, S.AP, M.M, menyampaikan apresiasi kepada SLB Negeri Gunungsitoli atas setiap perkembangan-perkembangan yang dilakukan. “SLB Negeri Gunungsitoli sangat luar biasa dalam melaksanakan kegiatan ini dan menjadi kebanggaan kami Cabdis”, serunya.

Di akhir acara Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sowaa Laoli, S.E., M.Si., menyampaikan program-program yang dilakukan pemerintah Kota Gunungsitoli terkait penyandang disabilitas. Beliau menuturkan bahwa pemerintah kota Gunungsitoli akan mengusahakan akasesibilitas yang baik bagi penyandang disabilitas dalam setiap aspek layanan. Hal ini membutuhkan kerjasama dalam semua sektor pelayanan yang ada di Kota Gunungsitoli.


Acara Perayaan Hari Disabilitas Internasional tahun 2023 SLB Negeri Gunungsitoli didesain secara kontemporer dimana setiap sesi sambutan diselingi dengan atraksi dari siswa-siswa SLB Negeri Gunungsitoli. Atraksi tari Tradisional, Dance, Puisi, Fragmen, Painting, Vocal solo dilakukan dengan baik oleh siswa-siswi SLB Negeri Gunungsitoli. Hal ini tentunya hal yang positif dalam meningkatkan aspek kepercayaan diri dan skill dari SLB Negeri Gunungsitoli untuk berani tampil dalam kondisi keterbatasan sekalipun.


Acara berakhir dengan ceria, dimana semua audience diajak untuk melalukan tari tradisional bersama-sama. Tidak ada batasan dengan anak-anak kita penyandang disabilitas. Perbedaan yang ada hanyalah bagian dari keragaman ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa. Selamat Hari Disabilitas Internasional Tahun 2023 dari SLB Negeri Gunungsitoli: “Disabilitas Mampu Berkarya dan Berprestasi“. (ACN/22/RED/062)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles