Saturday, May 4, 2024

Perumda Tirtanadi Mengikuti Workshop Rencana Pengembangan Investasi PDAM

ACTUALNEWS.ID Jakarta, Para Kepala Divisi Perumda Tirtanadi mengikuti workshop rencana pengembangan investasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Medan pada Rabu (1 Maret 2023) yang diselenggarakan oleh USAID IUWASH Tangguh berkolaborasi dengan Planet Partnership yang diampu oleh Brendan Gilmore, Legal & Institutional Framework Specialist IUWASH Tangguh, dan Fletcher Wright, Investment Pipeline Development Specialist IUWASH Tangguh.

Program USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (USAID IUWASH Tangguh) adalah program berdurasi lima tahun untuk mempercepat pencapaian tujuan pembangunan Indonesia dalam meningkatkan akses air minum dan sanitasi aman, serta perilaku higiene (WASH) di daerah perkotaan yang rentan dan memperkuat layanan WASH dan pengelolaan sumber daya air (PSDA) yang berketahanan iklim.

USAID IUWASH Tangguh bermitra dengan Pemerintah Indonesia, dan mendukung upaya Indonesia untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) guna memastikan akses air dan sanitasi untuk semua (Tujuan 6) dan menciptakan kota dan permukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan (Tujuan 11).

Di dalam penguatan Tata Kelola dan Pembiayaan Sektor WASH dan PSDA, USAID IUWASH Tangguh bersama dengan Planet Partnership mengembangkan alat penilaian kelembagaan (PDAM) yaitu PDAM Performance Matrix dan Questionnaire dalam mendukung rencana investasi infrastruktur Perumda Tirtanadi, termasuk program pengembangan WASH dan WRM yang ditangani oleh pemerintah daerah. Dengan demikian, USAID IUWASH Tangguh bersama dengan Planet Partnership memperkenalkan alat penilaian tersebut kepada Perumda Tirtanadi yang pada akhirnya bertujuan untuk menyediakan akses penyediaan air minum aman kepada pelanggan.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Harun Al Rasyid ST, MBA, selaku Direktur Air Minum Perumda Tirtanadi.


“Kami berharap program-program USAID IUWASH yang dilaksanakan untuk Perumda Tirtanadi dapat memberikan dampak positif seperti yang kita harapkan bersama khususnya untuk masyarakat Sumatera Utara. Dimana kehadirannya dapat mendukung upaya Indonesia untuk mencapai target tujuan pembangunan berkelanjutan guna memastikan akses air dan sanitasi untuk semua dan menciptakan kota dan permukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. Semoga program-program tersebut menjadi katalis dalam pencapaian layanan air minum yang telah ditargetkan di wilayah Provinsi Sumatera Utara,” ujar Harun.

Dalam kesempatan ini, beliau juga memaparkan secara singkat cakupan pelayanan Perumda Tirtanadi bahwa Perumda Tirtanadi memiliki 21 cabang pelayanan yang terdiri dari Zona-1 meliputi 15 cabang pelayanan di Kota Medan dan sekitarnya termasuk Sibolangit dan Berastagi serta Zona-2 yang meliputi 6 cabang pelayanan di beberapa Kabupaten/Kota yang dibentuk berdasarkan perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO). Adapun pelanggan air minum tahun 2023 sebesar 517.140 SR, terdiri dari pelanggan Zona-1 sebesar 470.176 SR, dan pelanggan Zona-2 sebesar 46.964 SR. Sumber kapasitas air produksi untuk Zona 1 pada saat ini sebesar 7.103 l/d dengan jumlah Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) sebanyak 12 unit, sedangkan untuk Zona 2 kapasitas produksi sebesar 418 l/d di 5 Kabupaten Kota.

Workshop ini dilanjutkan dengan kunjungan USAID IUWASH Tangguh dan Planet Partnership ke lokasi fasilitas Perumda Tirtanadi di hari berikutnya.
Diharapkan melalui workshop ini, pemahaman akan alternatif pembiayaan dalam menunjang penyediaan akses air minum aman dan sanitasi aman semakin meningkat yang pada akhirnya menunjang tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan guna memastikan akses air dan sanitasi untuk semua.

ACN/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles