Wednesday, April 24, 2024

Membangun Peradaban Bangsa Melalui Religiusitas Berbasis Budaya Lokal.

Oleh : Syaifuddin,M.E
Ketua PCNU Jakarta Pusat & Dewan Pembina Ciganjur Heritage Foundation .

ACTUALNEWS.ID, Jakarta,-Pada peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, BPIP sendiri telah merilis tema dan logonya di laman resminya. Adapun temanya adalah Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global dengan tagline “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”.

Peradaban yang terjadi seharusnya tidak menghancurkan budaya dari peradaban atau bangsa mana pun. Meskipun akses budaya dari peradaban lain terbuka luas, namun suatu bangsa harus mampu membangun dan mempertahankan budaya yang telah dimiliki dari masa lalu.

Indonesia memiliki kekayaan suku, bahasa, budaya, dan agama yang beragam. Keragaman budaya itu harus terus dilestarikan karena dapat memberikan kontribusi besar dalam membangun peradaban bangsa.

Nilai- nilai Pancasila menjaga dan melestarikan kekayaan budaya Nusantara yang beragam. Salah satunya dengan menggunakan seni budaya sebagai bagian dari dakwah untuk membangun peradaban.

Kemajuan dari ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki dampak yang sangat besar terhadap peradaban manusia, salah satunya komunikasi dan informasi.

Selanjutnya adalah kita harus bangga akan budaya, adat-istiadat, bahasa, dan keanekaragaman negara Indonesia.

Sudah sepatutnya kita jangan terlalu mudah mengikuti budaya barat. Lebih baik, kita memajukan budaya lokal supaya aset negara ini tidak punah.

Ini adalah momen yang bagus dan tepat bagi kita semua untuk menanamkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.

Selamat Hari Lahir Pancasila 2023.“Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 menjadi momentum untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Pancasila menjadi energi bagi Bangsa Indonesia sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi untuk kemakmuran rakyat Indonesia dan Dunia,”

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles