Friday, April 26, 2024

Lentera Pustaka Indonesia Promosikan Puisi Perdamaian dan Persahabatan untuk Masyarakat Dunia

ACTUALNEWS.ID, Jakarta —Lentera Pustaka Indonesia bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi DKI Jakarta akan mengadakan acara Senja Berpuisi dalam tajuk “Bincang Kreatif dan Pembacaan Puisi: Mendunia dengan puisi perdamaian dan persahabatan karya Edrida Pulungan” yang telah meraih anugerah MURI sebagai sastrawati pertama Indonesia yang karyanya menjadi Koleksi Globe Peace Library, Prancis tahun 2019. Acara ini akan diselenggarakan pada
Jumat (30/9 2022) di Auditorium PDS. HB Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Pada kegiatan tersebut akan menghadirkan narasumber dari negara-negara sahabat bintang tamu yakni Kedutaan Prancis (Julie Duperoir), Kedutaan Amerika Uphie A), Kedutaan Jepang, ( Wakabayashi Takahiro) dan Kedutaan Malaysia (Juraida) serta pembacaan puisi oleh Mokravianus Masheka ( Anggota DPR RI), Nesya dan Moktavianus Masheka ( TISI) dan Abdu S ( Lentera Pustaka Indonesia).

Founder Lentera Pustaka Indonesia (LPI) Edrida Pulungan mengatakan bahwa melalui puisi bisa membumikan pesan perdamaian dan persahabatan kepada masyarakat dunia.

“Indonesia kaya keberagaman budaya dan kearifan lokal termasuk syair-syair puisi. Melalui puisi juga kita memperkenalkan khazanah sastra Indonesia kepada dunia Internasional” ujarnya di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Disampaikannya, bahwa Indonesia juga terbentuk dari semangat puisi singkat mengandung rima yang mempersatukan pemuda bangsa di zaman kemerdekaan yakni sumpah pemuda.Bahkan Indonesia satu-satunya negara yang dalam konstitusinya metallic pembukaan undang-undang dasar sebagai negara yang menjunjung tinggi perdamaian dan ketertiban dunia. Bahkan Indonesia menginpirasi dengan menginisiasi Konfrensi Asia Afrika agar negara lain juga terlepas dari penjajahan dan kolonialisme.

Edrida Pulungan merupakan sosok perempuan yang suka berbagi inspirasi kreatif dan diundang narasumber pada seminar maupun forum diskusi intelektual.

Salah satu karyanya yang dibukukan yaitu Pesan Damai Bumi : Seribu Puisi Perdamaian untuk Dunia” ( The Peace Message : Thousand Poetry for the World) yang juga meraih anugerah MURI yang diserahkn oleh Jaya Suprana tanggal 18 Maret 2022 sebagai sastrawati pertama yang karyanya dipajang di Globe Peace Library, Paris, Prancis juga universitas INALCO (Institut national des langues et civilisations orientales sebagai Universitas Prancis yang mengkhususkan diri dalam pengajaran bahasa dan budaya dunia.

Cakupannya mencakup bahasa-bahasa Eropa Tengah, Afrika, Asia, Amerika, dan Oseania. Awal dari min at menulis kumpulan puisi juga setelah mengikuti Creative Talk di Kementerian Luar Negeri dan berbincang dengan Wakil Duta Besar Prancis untuk Indonesia, (H.E Charles-Henri Brosseau).

Melalui kegiatan bincang kreatif ini diharapkan masyarakat makin cinta puisi dan menikmatinya sebagai sarana edukasi moral dan budaya serta memperkaya literasi agar bahasa Indonesia makin mendunia.

Yuk ikutan registrasi semoga menjadi peserta yang beruntung menikmati indahnya senja, inspirasi serta puisi yang dihantarkan dalam kebersamaan yang hangat bersama sahabat antar negara. Follow IG @lenterapustakaindonesia

ACN/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles