Friday, May 3, 2024

Ketarunaan SMK Binawiyata, Kukuhkan Kedisiplinan sebagai Pondasi dan Kendali Diri

ACTUALNEWS.ID, Sragen – Ketarunaan merupakan suatu sistem pendidikan yang menerapkan prinsip militer dengan tujuan membentuk karakter peserta didik, akan tetapi penerapan prinsip bukanlah prinsip murni militer. Prinsip yang diterapkan bukanlah militer murni akan tetapi dasar taruna (kegiatan pelatihan-pelatihan) yang digunakan dalam militer. Salah satu tujuan utama ketarunaan ini adalah untuk menanamkan karakter, khususnya karakter kedisiplinan dan pembentukan kepribadian yang baik pada peserta didik.

Dalam rangka menanamkan sikap dan mental kedisiplinan Setiap pelajar serta cinta tanah air, Serka Sumartana dan Sertu Joko P anggota Koramil 02 /Karangmalang melaksanakan kegiatan Binwanwil ketarunaan Siswa SMK Binawiyata bertempat di Lapangan Kel.Kroyo Kec. Karangmalang, Selasa ( 17/10/2023 ).

Tentunya keterlibatan maupun peran Koramil 02/Karangmalang dilingkungan sekolah bukan kali ini saja, kegiatan pembekalan disekolah-sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Karangmalang telah menjadi agenda Koramil. Hal ini dilakukan semata-mata untuk membantu pihak sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan dan karakter siswa.

Sertu Joko disela-sela kegiatan menyampaikan, bahwa penting pembekalan seperti itu di lingkungan sekolah, hal tersebut bertujuan membentuk karakter dan disiplin yang kuat dan pantang menyerah.

“Adapun materi yang kita latihkan adalah kegiatan PBB ketarunaan pada siswa yang meliputi PBB ditempat maupun PBB berjalan, yang terdiri dari sikap sempurna, jalan ditempat, penghormatan, lencang depan, lencang kanan dan langkah tegap” terangnya.

ACT/AK/RED.

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles