Friday, March 29, 2024

Indonesia AirAsia Bersama Capital A Wujudkan Komitmen Dukung Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat Di Sekitar Danau Toba

ACTUALNEWS.ID, Danau Toba, 4 September 2022 – Indonesia AirAsia kembali mewujudkan dukungannya
terhadap pengembangan konektivitas domestik dan pariwisata tanah air dengan meluncurkan rute Jakarta-Silangit yang secara resmi telah beroperasi mulai 2 September 2022.

Pada penerbangan perdananya, Indonesia AirAsia melalui tagline “Terbang Lagi Indonesia” bersama Capital A sebagai induk usaha grup, juga memperkuat komitmennya terhadap pengembangan pariwisata dan pemberdayaan masyarakat di kawasan destinasi wisata Danau Toba melalui
penandatanganan Nota Kesepahaman bersama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Institut Teknologi Del, serta perusahaan wirausaha sosial berbasis komunitas, Tobatenun.

CEO Capital A Tony Fernandes mengatakan Saya merasa sangat terhormat bisa hadir dan terbang ke Danau Toba pada penerbangan perdana ini. Danau Toba sebagai destinasi super prioritas yang juga merupakan bagian dari UNESCO’s Geopark memiliki banyak sekali potensi
yang menarik untuk ditawarkan kepada wisatawan baik lokal maupun internasional, tidak hanya atraksi tetapi juga pengalaman mulai dari kekayaan biodiversity nya hingga budaya dan cara hidup masyarakatnya.

Brand kami berpusat pada nilai aksesibilitas, keterjangkauan,
inklusivitas, dan memberikan pelayanan kepada segmen yang kurang terlayani, termasuk membantu UKM beradaptasi dengan era digital baru, yang menjadi tujuan utama rangkaian kegiatan hari ini.

“Indonesia adalah salah satu tujuan kami yang paling populer dan paling
penting dan oleh karena itu kami sangat senang dapat memainkan peran kami untuk
mempromosikan dan mendukung tujuan yang luar biasa ini, ” terang Tony.

Masih kata Tony, Tarif kami yang bernilai tinggi dapat menstimulasi perjalanan udara ke mana pun kami terbang dan kami berharap dapat bermitra dengan para pemangku kepentingan untuk memastikan Danau Toba menjadi destinasi
prioritas utama dalam waktu dekat.

Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga mengatakan,Kami ingin
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini, sehingga penerbangan perdana kami ke Danau Toba dan seluruh rangkaian kegiatan
dapat terselenggara dengan baik,

Melalui rangkaian kegiatan ini kami ingin mempertegas komitmen Indonesia AirAsia sebagai maskapai nasional untuk mendukung pengembangan destinasi wisata di Indonesia secara menyeluruh, tidak hanya dengan penambahan rute tetapi
juga menjalin kerja sama promosi produk pariwisata dan ekonomi kreatif sekaligus terlibat dalam upaya pengembangan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di sekitarnya,khususnya di Danau Toba,Jelas Veranita

Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba serta Tobatenun untuk tujuan ini dan menantikan berbagai kolaborasi yang akan kami lakukan bersama,

“Kami yakin dengan brand AirAsia yang sudah mendunia, kami dapat menawarkan potensi besar untuk mendorong pariwisata Danau Toba kedepannya, “Pungkasnya.

Penerbangan Perdana rute Jakarta-Silangit
Indonesia AirAsia melakukan penerbangan perdana dari Jakarta ke Silangit pada tanggal 2 September 2022 menggunakan armada Airbus A320. Penerbangan bertolak dari bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK) pada pukul 11:50 dan tiba di Bandara Internasional Sisingamangaraja XII – Silangit (DTB) pada pukul 13:50, disambut dengan water salute dari PT Angkasa Pura II Bandara Silangit.

Tamu VIP yang turun dari pesawat mendapatkan kalungan ulos persembahan dari Tobatenun yang merupakan hasil karya komunitas penenun binaan Tobatenun di sekitar Danau Toba yang dibuat dengan mengedepankan nilai sustainability, fair trade dan environmental friendly, terang Direktur Utama Indonesia Air Asia.

Para tamu kemudian disambut dengan tarian tradisional setempat sambil menuju tempat acara di sekitar area Kedatangan Bandara Silangit.Penandatanganan Nota Kesepahaman.

Capital A dan Institut Teknologi Del
Tanggal 3 September 2022 CEO Capital A, Tony Fernandes melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman bersama Rektor Institut Teknologi Del Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga,S.T., M.InfoTech yang disaksikan oleh Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan M.P.A selaku Ketua Pembina Yayasan Del.Kedua belah pihak menyetujui untuk melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan,penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan inti dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai upaya mendukung pemberdayaan dan pengembangan masyarakat setempat.

Melalui Nota Kesepahaman ini nantinya Capital A akan membuka kesempatan untuk
berbagai bentuk kerja sama di antaranya membuka kesempatan mahasiswa berprestasi memiliki peluang untuk bekerja di AirAsia dan bergabung bersama Allstars, selain itu juga berpeluang untuk mendorong knowledge sharing dan berbagai program lainnya antar kedua pihak.

Penandatangan Nota Kesepahaman ini diselenggarakan sebagai bagian dari acara
inagurasi mahasiswa baru Institut Teknologi Del dimana pada acara tersebut CEO Capital
A Tony Fernandes berkesempatan memberikan kuliah umum di depan seluruh
mahasiswa.

Indonesia AirAsia dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT)
Pada 3 September 2022, Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman bersama Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan.

Melalui penandatanganan Nota Kesepahaman dengan BPODT, Indonesia AirAsia berkomitmen untuk membantu membuka kesempatan kerja sama pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar Danau Toba di antaranya melalui kegiatan promosi penjualan merchandise fisik dan digital serta kegiatan dan program promosi lainnya.

Sebagai brand maskapai berbiaya hemat terbaik dunia 12 kali berturut-turut dan dengan eksposur ke berbagai belahan dunia, AirAsia berpotensi besar untuk mendukung visi BPODT membantu pengembangan pariwisata Danau Toba Menjadi Destinasi Super Volcano Geopark Kelas Dunia.

Seperti yang disampaikan oleh CEO Capital A Tony Fernandes, Danau Toba tak hanya
menyuguhkan wisata alam yang indah, namun juga budaya masyarakatnya yang kreatif dan beragam. Hal ini juga yang disampaikan oleh para tamu asing yang datang pada rangkaian ini dan berkesempatan untuk mengunjungi beberapa objek wisata di sekitar
Danau Toba dan mencicipi kulinernya saat mengikuti rangkaian kegiatan sightseeing dan jamuan makan yang diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba.

Di sisi lain, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jimmy Panjaitan
menyampaikan bahwa salah satu hal yang terpenting dalam pariwisata adalah akses.
Dengan adanya jalur penerbangan baru dari AirAsia, maka hal ini akan membuat kita
semakin yakin bahwa pariwisata Danau Toba semakin maju dan membantu
mendongkrak peluang bagi stakeholder usaha UMKM untuk bangkit dan merubah taraf hidup keluarga hingga seluruh masyarakat kawasan Danau Toba.

Indonesia AirAsia dan Tobatenun
CEO Tobatenun Kerri Na Basaria Pandjaitan mengatakan,Kami turut senang
dengan dibukanya rute baru AirAsia, Jakarta-Silangit. Dengan begitu kami berharap dapat meningkatkan produktifitas perkembangan wisata berskala internasional, serta pemberdayaan dan pengembangan masyarakat dan UKM lokal khususnya Danau Toba dan sekitarnya.

Perjalanan Tobatenun dimulai pada tahun 2018 dengan keinginan sederhana; untuk
mendukung seni wastra tenun Batak atau dalam bahasa Batak Toba disebut sebagai
‘Ulos’. Tobatenun berdiri dengan mengusung cita wirausaha sosial yang memiliki harapan untuk dapat meningkatkan tingkat kehidupan para pelaku pembuat tenun Batak bersama ekosistemnya yang saling bertalian di berbagai desa di daerah Sumatera Utara.

Ini dilakukan melalui sejumlah pendidikan dan pelatihan untuk merevitalisasi tenun
Batak yang motif dan teknik pembuatannya sudah hampir punah, bersama
mengembalikan pembuatan yang ramah lingkungan. Tobatenun adalah salah satu afiliasi Yayasan Del yang bergerak di pilar budaya dan aktif membantu masyarakat berkembang melalui kegiatan pemberdayaan sosial kepada masyarakat terutama kaum perempuan.

Misi yang diusung Tobatenun untuk pemberdayaan perempuan juga merupakan isu yang dekat dengan Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga, yang juga merupakan CEO profesional maskapai perempuan satu-satunya di Indonesia. Veranita,
aktif dalam berbagai kegiatan yang mengusung tema isu perempuan termasuk salah satunya menjadi pembicara pada event W20 yang diselenggarakan di Danau Toba beberapa waktu lalu.

Melalui kolaborasi antara Indonesia AirAsia dan Toba Tenun nantinya, AirAsia akan
membuka kerja sama untuk promosi produk Tobatenun penerbangan AirAsia serta
platform AirAsia lainnya termasuk pada badan pesawat. Selain itu kolaborasi antara
AirAsia dan Tobatenun akan membuka kerja sama untuk mendorong kesadaran
masyarakat akan nilai produk kreatif tradisional berbasis masyarakat yang
mengedepankan wawasan sustainability, environmental friendly dan fair trade.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Indonesia AirAsia dan Tobatenun dilakukan pada 3 September 2022 oleh Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga dan CEO Tobatenun Kerri Na Basaria.

Rangkaian kegiatan manajemen Indonesia AirAsia bersama Tobatenun dilanjutkan pada hari berikutnya dimana sebagian tamu undangan ikut menyeberang ke Samosir untuk mengunjungi dusun dusun tempat mitra-mitra tenun Tobatenun untuk mengenal lebih dekat wastra Batak Tobatenun yang mengedepankan nilai-nilai sustainability, environmental friendly, dan fair trade.

AirAsia terus melakukan berbagai upaya mendukung pariwisata di Indonesia melalui berbagai kolaborasi bersama pemerintah pusat, daerah dan stakeholder pariwisata. Untuk tahap awal,AirAsia akan melayani penerbangan Jakarta – Silangit 3 kali dalam seminggu setiap hari Selasa,Kamis dan Sabtu menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan
jatah bagasi gratis 20 kg dan jatah bagasi kabin 7 kg.

Tiket penerbangan rute Jakarta-Silangit ini sudah dapat dipesan melalui aplikasi airasia Super App, airasia.com, online travel agent dan agen penjualan tiket resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih silakan hubungi layanan Group Desk AirAsia
melalui email ke iaa_groupdesk@airasia.com.

AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk menerapkan protokol kesehatan dengan memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk berita terkini,kegiatan dan
promosi terbaru airasia,ikuti Twitter
(twitter.com/airasia_indo),Facebook
(facebook.com/airasiasuperapp.id),
dan Instagram (instagram.com/airasuperapp.id)..

ACN/SUHARTONO/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles