Saturday, October 1, 2022
WING LOK

Heru Cipto Nugroho :  Kurs Rupiah Tembus  Rp 15.000,- Per Dollar AS, Sebaiknya Pemerintah Segera Turunkan Harga BBM Dan Harga Kebutuhan Bahan Pokok Lainnya

ACTUALNEWS.ID ,Jakarta – Pengamat Sosial Politik Cinta Negara Indonesia (Sospol CNI) Heru Cipto Nugroho  disapa Heru CN angkat bicara menanggapi melemahnya kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) dipasaran pada sesi perdagangan yang selama beberapa hari terakhir ini menembus ke level Rp.15.000,- per dollar AS.

Lanjut Heru CN sehingga dengan mengacu pada data Bloomberg melemahnya nilai tukar rupiah terhadap  dollar AS  dibuka pada level Rp 15.018 per dollar AS yang melemah dibandingkan pada level penutupan sebelumnya sebesar Rp 14.984 per dollar USA tersebut.

Menurutnya dengan terus bergeraknya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di zona negatif dalam 1 jam pertama perdagangan, seperti yang dikutif oleh berbagai media nasional, dimana sampai pukul 10.00 WIB koreksi nilai tukar rupiah sedikit terpangkas yakni sebesar 25 poin atau 0,17 persen ke angka Rp 15.009 per dollar AS.

“Maka nasib investor mulai bersiap  diperkirakan Bank Sentral secara luas akan berpotensi menaikkan suku bunganya, sehingga harapan para pekerja buruh maupun rakyat kecil dan miskin lainnya di seluruh Indonesia meminta kepada pemerintah, sebaiknya segera menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Harga- harga Kebutuhan bahan pokok lainnya,”

“Demikian dikatakan Heru Cipto Nugroho saat diwawancarai sejumlah awak media massa, di Kantornya seputar Tebet Raya Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2022).

Menurut Heru CN selain berdampak pada sejumlah investor dan dunia usaha lainnya tentunya yang paling berat dihadapi oleh pemerintah yang berimbas kepada sebagian besar kehidupan pendapatan perekonomian rakyat kecil semakin terpuruk.

“Sehingga dikhawatirkan akan mengganggu stabilitas jalannya pemerintahan Jokowi,  maka saya menyarankan solusinya turunkan segera harga BBM guna  menghindari dan menekan terjadinya kemungkinan peristiwa terburuk,”ujar Heru CN.

Lebih lanjut Heru CN menegaskan ditengah- tengah  situasi politik yang semakin hangat menjelang Pilkada , Pileg dan Pilpres secara serentak tahun 2024 nanti, seharusnya pemerintah berpikir ulang dalam mengambil kebijakan dan keputusan untuk kepentingan rakyat dampak yang ditimbulkan akibat menaikan harga BBM.

“Karena saya menilai  yang paling banyak menderita akibat dari kenaikan harga BBM, apalagi ditambah dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, sehingga semakin bertambah parah penderitaan rakyat kecil dan miskin di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Lanjut Heru CN apabila Pemerintah  mengambil kebijakan dan keputusan  menurunkan Harga BBM maupun  menurunkan harga- harga bahan Pokok lainnya yang menyentuh sebagian besar rakyak kecil dan miskin di seluruh Indonesia.

“Saya yakin rakyat di seluruh Indonesia akan kembali percaya kepada Pemerintah dan jika Pemerintah fokus memberikan kemudahan bantuan gratis modal usaha bukan dalam bentuk  BLT kepada rakyat, maka rakyat semakin percaya pada pemerintah,” pungkasnya

Editor : (cuncun/san)

ACN/RED

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles