Sunday, May 5, 2024

Gebyar Dangdut Gambus Modern Berlangsung Meriah dan Tampil Memukau, Dihadiri Ribuan Penonton

ACTUALNEWS.ID, Kalimantan Selatan – Gebyar Dangdut Gambus Modern diselenggarakan di Pantai Pagatan Pusar Hilir, Selasa (29/11/2022). Hiburan rakyat ini dilakukan dalam rangka melestarikan budaya Orkes Gambus yang dikemas secara modern.

Acara yang digelar berlangsung meriah, semarak dan memukau perhatian puluhan ribu masyarakat yang hadir yang dibuka langsung oleh Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar melalui Asisten III Administrasi Umum, Andi Aminuddin, Anggota DPRD Provinsi Kalsel Risdianto Haleng HB dan Anggota DPRD Kab. Tanah Bumbu H. Hassanudin, S.Ag.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Ketua Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) M. Satra, Ketua Dewan Kesenian Daerah Drs. H. Mamang, Kapolres Tanah Bumbu yang di wakili oleh Kapolsek setempat, Danramil Kecamatan Kusan Hilir, serta Camat Kusan Hilir.

Pemerintah setempat menilai, dengan diadakan nya Orkes Gambus ini, juga sebagai upaya mensukseskan program pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan lahir dalam rangka melindungi, memanfaatkan, dan mengembangkan kebudayaan Indonesia, pemerintah bersama dengan Komisi X DPR RI akhirnya mengeluarkan UU Pemajuan Kebudayaan RI. Serta, Peraturan Daerah nomor 13 tahun 2019 tentang Kesenian Tradisional.

Dalam kesempatan ini, Risdianto Haleng HB yang juga Panglima Laskar Banua Borneo mengatakan penyelanggaraan Gebyar Dangdut Gambus Modern tidak sekedar hiburan rakyat semata melainkan dalam ikhtiar melestarikan budaya dan kearifan lokal, menjalin silaturahmi dan memajukan ekonomi kreatif khususnya dibidang musik.

“Semoga melalui kegiatan seperti ini bisa menjadi pemicu lahirnya talenta muda dibidang industri musik dan bisa bersaing dengan musisi nasional, ucapnya.

Kegiatan ini juga dapat membuka pemikiran generasi muda untuk maju dan mendukung terciptanya generasi Tanah Bumbu yang memiliki minat bakat dalam hal Tarik suara, agar bisa berkiprah di kanca nasional.

Tak hanya menghadirkan artis lokal seperti Agus Salim, kegiatan Gebyar Dangdut Gambus Modern ini juga menampikan aksi memukau Nurdin Kdi dan juga Nia Lida Indosiar yang diiringi orkestra Reynata Group MILIK H. ANANG ARIF YANTO dan Group 899 Intertaiment H AGUS SALIM

Masyarakat Tanah Bumbu menyambut antusias hiburan rakyat ini, apalagi kegiatan semcam ini memang menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat setempat. Mengingat, dengan adanya pandemic yang berkepanjangan, saatnya kini masyarakat sudah mulai bisa beradaptasi dengan segala peraturan yang berlaku terkait Covid 19.

Adanya acara ini juga selain sebagai hiburan, juga sebagai peningkatan pemasukan bagi masyarakat pedagang sekitar pantai, karena dengan adanya acara, otomatis minat beli masyarakat yang hadir juga meningkat.

Selain itu, dirinya juga memaparkan, jika acara ini sudah terselenggara kedua kalinya, karna sebelumnya juga sudah digelar di Halaman Pasar Minggu, Kota Batulicin.

Dalam kesempatan ini, Hasanuddin juga menambhakan, “harapannya dengan diadakan Orkes Gambus ini bisa membangkitkan seni dan budaya di wilayah Tanah Bumbu. Melalui kreasi, inovasi dan kolaborasi yang diharapkan terwujud serta terbentuknya karakter dan jatidiri sebagai bangsa yang berjiwa patriotisme,” tutupnya. (Red)

ACN/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles