Friday, March 29, 2024

Dukung Pemerintah, GeSehat Kampanye 1 Juta Doa

ACTUALNEWS.ID, Jakarta – Pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Padahal, Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk menghentikan penyebaran virus Corona itu mulai dari penerapan program 3M (Mencuci Tangan, Memakai Master, dan Menjaga Jarak) dan 3 T (Tracing, Testing, Treatment), hingga pelaksanaan vaksinasi.

Kondisi itu mendatangkan keprihatinan mendalam bagi sekelompok anak muda di Indonesia dan luar negeri, sehingga bersatu membentuk Gerakan Sehat Tuh Gampang (GeSehat). Mereka kemudian, bekerja sama dengan platform digital noDokter.com menggagas Kampanye 1 Juta Doa untuk Indonesia Bersatu Melawan Covid-19 yang peluncurannya dilakukan pada hari ini, 10 April 2021, secara virtual.

“Kita menggelar Kampanye 1 Juta Doa untuk Indonesia Bersatu Melawan Covid-19. Kita menilai, kekuatan doa yang bersatu akan menjadi super energi untuk mengalahkan Covid,” kata Ariel Aldrin, Pendiri dan Ketua Gerakan Sehat Tuh Gampang.

Gerakan moral ini kemudian mendapat dukungan dari berbagai kalangan baik dari lembaga pemerintah maupun organisasi-organisasi swasta lainnya. Tercatat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin turut memberikan dukungan lewat video kampanye yang disampaikannya. Begitu juga Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melakukan hal sama guna mendukung gerakan moral ini.

”Saya Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, ingin mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat memanjatkan doa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. Kita bersatu melawan Covid-19. Kita berharap Covid-19 segera berakhir di negeri yang kita cintai ini,” ujar Menpora Zainudin Amali dalam video kampanyenya.

Hal sama disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. “Saya dengan ini mengajak seluruh institusi, organisasi, dan warga indonesia baik di dalam dan luar negeri untuk turut berpartisipasi mendoakan Indonesia bebas Covid-19 dengan ikut pada Kampanye Satu Juta Doa untuk indonesia Bersatu Melawan Covid-19. Mari kita tetap jaga diri dan berdoa menjalankan 3 M, dan menerapkan SDM, yaitu Sport, Diet, dan Menjaga Kesehatan Mental, karena sehat itu gampang. Salam sehat, sehat Indonesia,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Saya AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dengan ini mengajak kepada seluruh institusi, organisasi, dan warga Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri untuk turut berpartisipasi mendoakan Indonesia bebas Covid dengan ikut pada “Kampanye 1 juta Doa Untuk Indonesia Bersatu Melawan Covid”. Mari kita tetap jaga diri dengan berdoa, menjalankan 3M, dan menerapkan SDM, yakni Sport, Diet, dan Menjaga Mental Sehat, Karena Sehat Tuh Gampang,” kata LaNyalla.

Selanjutnya dari institusi dan organisasi penting lainnya baik di dalam maupun di luar negeri turut memberikan support terhadap kampanye 1 Juta Doa ini. Di antaranya dari Ketua KADIN Rosan Perkasa Roeslani, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Ketua Umum KSBN Pusat Hendardji Soepandji, KBRI London, KBRI Den Haag, KBRI Oslo, KBRI Washington DC, KBRI Brussels, APINDO, PHRI, Ketua PWI DKI Jakarta Sayid Iskandarsyah, Ketua PB Tangkas Justian Suhandinata, IDN Global, serta berbagai diaspora di berbagai negara.

“Kami sangat terharu dan bangga gerakan moral ini mendapat dukungan dari banyak kalangan, termasuk Pemerintah & diaspora dari seluruh dunia. Kami juga berharap seluruh rakyat Indonesia ikut dalam kampanye 1 Juta Doa yang diluncurkan pada hari ini, 10 April 2021. Mari kita semua berdoa agar Covid-19 bisa segera hilang dari muka bumi,” tegas Ariel.

Gerakan Sehat Tuh Gampang (GeSehat) bekerja sama dengan noDokter,com, suatu startup kesehatan dan kebugaran Indonesia yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, mengajak seluruh komponen bangsa baik di dalam maupun di luar negeri untuk Bersatu Melawan Covid-19.

Gerakan moral ini hadir guna mendukung dan ikut berempati terhadap masyarakat yang terpapar Covid-19 agar tetap bersemangat dalam menghadapi cobaan ini. Gerakan ini juga mendukung masyarakat sehat untuk terus menerapkan “gaya hidup sehat” lewat pola SDM (Sport, Diet, Mental Health) demi meningkatkan imunitas.

“Kami menggalang dukungan “1 juta doa” dari seluruh elemen bangsa baik dalam maupun di luar negeri sebagai wujud gerakan moral melawan Covid-19. Peluncuran kampanye ini dilakukan secara daring pada 10 April 2021. Semoga gerakan doa serentak dari seluruh dunia ini bisa membantu pemerintah dalam menghentikan penyebaran Covid-19. Semoga pula gerakan doa ini bisa menjadi salah satu solusi perbaikan kondisi masyarakat akibat pandemi,” ujar Ariel, gadis muda keluaran Universitas Berkeley AS itu.

Ariel berharap, gagasan kampanye 1 Juta Doa ini bisa menjadi salah satu solusi bangsa. Sebab, tanggung jawab melawan Covid-19 bukan hanya urusan pemerintah Indonesia, tapi sudah menjadi kewajiban seluruh warga negara Indonesia di mana pun.

Tercatat jumlah kasus baru Covid masih cukup besar setiap harinya. Misalnya, pada 5 April 2021 lalu masih ada 3.712 kasus baru dalam satu hari. Alhasil, jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 1,54 juta dengan jumlah kematian 41.518 orang. Sementara kasus di dunia sudah mencapai 132 juta kasus di lebih dari 200 negara.

Mekanisme Kampanye

Adapun mekanisme kampanye 1 juta doa ini adalah sebagai berikut:
• Setiap peserta menyatakan keikutsertaan dalam kampanye ini dengan menghubungi nomor whatsapp +628-1212-333-90 atau email SehatTuhGampang@gmail.com.
• Setiap komunitas/organisasi membuat video kampanye dukungan dengan narasi yang sudah ditentukan panitia.
• Mengirimkan video kampanye melalui email SehatTuhGampang@gmail.com. Informasi detail akan dibagikan setelah organisasi terdaftar dan bergabung dalam kampanye.

Sementara kata-kata yang akan disampaikan dalam rekaman video adalah sebagai berikut:

“Saya (nama) dari (organisasi & kota Anda). Saya dan seluruh (nama komunitas / organisasi) berdoa agar Indonesia bersatu melawan COVID-19 & segera bebas dari Covid. Saya juga berdoa agar seluruh rakyat Indonesia senantiasa diberikan kesehatan oleh Tuhan YME.
Mari kita tetap jaga kesehatan fisik dan mental dengan berdoa, menerapkan 3M, dan menjalankan SDM (Sport, Diet, dan Menjaga Mental Health). Karena Sehat Tuh Gampang”

Salam Sehat

Ariel Aldrin
0812-1233-390

Caption Foto:

  1. Ketua Gerakan Sehat Tuh Gampang Ariel Aldrin dan adiknya, Braddy Aldrin, menggagas Kampanye 1 Juta Doa untuk Indonesia Bersatu Melawan Covid. (Dok. GeSehat)
  2. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengajak masyarakat Indonesia memanjatkan doa agar Covid hilang dari bumi Indonesia. (Dok. GeSehat).

ACN / Red.

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles