Tuesday, April 30, 2024

Anak Nias Go International bernama Jesslyn Elisandra Harefa Mahasiswa Univesitas Sumatera Utara menjadi Awardee Exchange Student berkuliah di Universiti Teknologi MARA, Shah Alam, Selangor Malaysia.

Sumatera Utara, AktualNewsJesslyn Elisandra Harefa, lahir di Kota Gunungsitoli Kepulauan Nias pada tanggal 19 Februari 2003, berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara angkatan 2020 Program Studi Ilmu Hukum, memiliki hobi membaca, menulis, belajar lintas negara, serta banyak mengikuti perlombaan tingkat nasional dan internasional.

Pada semester 6 yang lalu Jesslyn terpilih mengikuti perkuliahan Program Pertukaran Mahasiswa Outbound antara Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (FH-USU) Indonesia dengan Fakultas Perundang-Undangan Universiti Teknologi Mara (UITM) Shah Alam Selangor Malaysia, sejak tanggal 13 Maret 2022 s.d. 14 Agustus 2023.

Selama mengemban ilmu di kampus UITM tersebut berhasil memperoleh penghargaan Awardee International Student di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam, Selangor, Malaysia yang diserahkan langsung oleh Prof. Dr. Shariman Zainul Abidin selaku Assistan Vice Chancellor Internatinalization UITM Malaysia.

Jelsslyn Harefa, menuturkan beberapa tahapan hingga ditetapkan menjadi peserta program pertukaran mahasiswa dimaksud, pada awalnya melakukan pendaftaran di unit pelayanan kemahasiswaan FH USU dengan menyerahkan berkas seperti Identitas Diri, Kartu Tanda Mahasiswa, Curriculum Vitae (CV) dan surat persetujuan orangtua untuk bisa belajar di Malaysia. Setelah melengkapi berkas, selanjutnya calon peserta diwajibkan menguasai bahasa inggris melalui tes TOELF dan syukurnya membuahkan hasil yang baik sehingga bisa lolos.

Selain itu peserta yang sudah dinyatakan lolos menyiapkan berkas untuk visa pelajar selama berkuliah disana, proses pembuatan visa pelajar berlangsung 1 bulan sebelum mulai perkuliahan di Malaysia. Berhubung kelengkapan berkas maupun tes sudah di terima oleh pihak kampus dan kantor imigrasi Malaysia maka peserta pertukaran mahasiswa diberangkatkan secara resmi oleh Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si.

Saat berkuliah di Malaysia tepatnya di Fakulti Undang-Undang UiTM Shah Alam, Selangor, Malaysia, Jesslyn mengambil mata kuliah Malaysian Legal System, Fundamental Legal Skills, Legal Research and Methodology, Child Law. Setiap mata kuliah memiliki kelas Lecture dan Tutorial.

Ketika berkuliah di Malaysia Jesslyn banyak mengikuti kegiatan bertaraf internasional. Juga memiliki teman-teman baru dari berbagai Negara dengan sosok latar belakang peradaban yang

berbeda seperti dari United Kingdom, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Myanmar, India. Bersama beberapa orang teman dari negara lain melaksanakan kegiatan Summer Course maupun sebagai Exchange Students sehingga menambah koneksi pertemanan saya dengan teman-teman dari luar negeri.

Sebagai puteri Nias tercinta, saya tentu bangga bisa menjadi Awardee saat berkuliah di Malaysia sebab saya mendapatkan segudang pengalaman dan ilmu pengetahuan serta memiliki wawasan lintas negara. Untuk itu saya mengajak teman-teman putera puteri daerah Kepulauan Nias hendaknya juga memiliki keinginan yang kuat supaya bisa Go International demi memajukan diri menjadi orang yang berintelektual tinggi, berkarakter, bermoral dan berwawasan, dalam artian bertindak lokal tetapi berpikir global. (JFL – ACN/22/RED/062)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles