Friday, February 3, 2023
ADS

Penangkapan Penyelundupan Narkoba Jenis Sabu-Sabu Sebanyak 43 Bungkus (± 45 KG) Di Perairan Lhokseumawe Oleh Tim Intelijen dan F1QR Lanal Lokseumawe

ACTUALNEWS.ID, TNI AL, Belawan,- Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P. melaksanakan Press Conference terkait penangkapan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 43 bungkus (± 45 Kg) di Perairan Lhokseumawe oleh Tim Intelijen dan F1QR Lanal Lhokseumawe, bertempat di Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin (26/12/2022).

Dalam Press Conference tersebut, Pangkoarmada I menyampaikan bahwa penangkapan ini berawal dari informasi intelijen terkait akan adanya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu melalui Perairan Lhokseumawe. Tim Intelijen dan F1QR Lanal Lhokseumawe atas perintah Danlanal Lhokseumawe Kolonel Mar Dian Suryansyah melaksanakan penyelidikan dan pengembangan terkait informasi tersebut dengan membentuk 3 (tiga) tim yakni pam darat, pengintai dan penyergap.

Pada hari Sabtu tanggal 24 Desember 2022 Pukul 00.10 Wib, terpantau kedatangan perahu penyelundup yang akan memasuki Kuala Meuraksa Pusong, Lhokseumawe, namun diduga penyelundup mencurigai telah diintai oleh Tim Lanal Lhokseumawe sehingga penyelundup berusaha menjauh dari pesisir pantai. Selanjutnya Tim Patroli Lanal Lhokseumawe melaksanakan pengejaran terhadap perahu yang dicurigai tersebut. Setelah dilaksanakan pengejaran akhirnya perahu tersebut berhasil dihentikan (terjadi insiden tabrakan), selanjutnya mengamankan perahu tersebut.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan, ditemukan narkoba jenis sabu-sabu diatas perahu tersebut sebanyak 43 bungkus (± 45 Kg), berikut satu orang tersangka (MN 23 Tahun) diamankan di Sea Hunter sedangkan perahunya digandeng menuju Pelabuhan Krueng Geukeuh, namun karena kondisi perahu sudah bocor dan untuk keamanan Sea Hunter, maka perahu dilepas dan tenggelam.

Atas keberhasilan ini, sekali lagi TNI Angkatan Laut menyelamatkan rakyat Indonesia dari bahaya narkoba. TNI Angkatan Laut berkomitmen akan senantiasa mendukung penuh pemerintah dalam upaya memerangi narkoba dan memberantas peredaran narkoba (war on drugs). Kegiatan penangkapan penyelundupan narkoba melalui jalur laut merupakan arahan dan instruksi langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

“Hal ini merupakan bentuk keseriusan TNI Angkatan Laut sebagai penegak hukum di Laut yang sangat konsen dalam rangka pemberantasan peredaran narkoba melalui laut di Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya wilayah kerja Lanal Lhokseumawe yang merupakan jajaran Lantamal I Belawan,” pungkas Pangkoarmada I.

Hal tersebut selaras dengan Perintah Harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang salah satunya “Jaga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara”.

Hadir dalam giat Press Conference tersebut, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, Wadan Lantamal I, Pejabat Utama Danlantamal I, Asops Pangkoarmada I, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Mar Dian Suryansyah, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., Gubernur Sumut diwakilkan Kakesbangpol, Pangdam I/BB diwakilkan Asintel, Kapolda diwakilkan Dirpolairud, Kajati, BNN Sumut, Kapolres Belawan, Kajari Belawan, Kadilmilti, Odmilti, Kakanwil Bea Cukai, Kepala Pengadilan Tinggi/Negeri, Syahbandar, GM Pelindo, dan Insan Pers.

(Dispen Lantamal I)

ACN/INDAH/RED

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles